• Share

Punya Teman yang Hobi Berhutang? Ini Tips Jitu Biar Nggak Jadi Korban Hutang!

  • Author
    Leo
  • Posted on
    Jun 09, 2021 07:54 am
  • Readed
    41 Views
Teman Hobi Utang Lakukan Ini

Hello neupeeps!

Kalian pernah nggak sih punya teman yang tadinya dekat, eh malah jadi jauhan gara-gara hutang? Ternyata bukan hanya hubungan suami-istri atau keluarga aja yang bisa rusak gara-gara perkara uang, di dalam pertemanan juga sering terjadi, loh.

Ada yang bertengkar gara-gara hutangnya telat dibayar, ada juga yang hubungannya jadi merenggang gara-gara nggak mau pinjamin uang. Selain itu ada juga yang statusnya beralih dari teman jadi musuh bebuyutan sejak uang yang dipinjamkan nggak dibayar-bayar juga.

Memang kalau nggak berhati-hati, uang justru bisa menghancurkan segala hubungan. Tapi, kadang rasanya memang susah banget nolak permintaan hutang dari teman, apalagi kalau orangnya sudah dekat banget. Iya, kita paham kok, neupeeps! Makanya, kita berusaha mencari 5 cara yang bisa kamu gunakan untuk menolak permintaan hutang dari temanmu secara halus.

Mau tau gimana? Without further ado, let’s get started!

Ketahui Alasan Kenapa Temanmu Mau Meminjam Uang

Sebelum kamu menolak permintaannya, tanyakan dulu uang itu akan digunakan untuk apa. Caritahu juga alasan dia nggak punya uang. Contohnya, apakah uangnya habis karena digunakan untuk memenuhi gaya hidupnya yang tinggi atau malah uangnya habis untuk berobat orangtua? Dengan bertanya terlebih dahulu, kamu jadi bisa tau apakah dia meminjam karena urgent atau nggak.

Nah, kalau misalnya kamu sudah tau bahwa temanmu ini memang suka foya-foya, coba sarankan ia menjual barang-barangnya yang lain demi membeli apa yang ia inginkan saat itu. Atau kamu bisa juga langsung memberikan saran tentang cara mengatur keuangan kepadanya. Jadi, ia nggak lagi mengalami kesulitan keuangan.

Bawa Uang Seadanya Saat Pergi Dengannya

Inilah pentingnya membawa uang seadanya saat sedang pergi ke mana-mana. Dengan begitu, kamu bisa beralasan bahwa kamu sedang nggak punya uang banyak. Bukannya pelit, namun kamu harus mengetahui mana teman yang memang sedang membutuhkan dan mana teman yang sering menjadikan berhutang sebagai kebiasaan.

Katakan Bahwa Kamu Juga Masih Punya Keperluan Yang Harus Dibayarkan

Saat ia meminjam uang kepadamu, katakan padanya kamu masih punya keperluan lain yang harus diselesaikan. Kamu bisa menyebutkan kebutuhan sehari-hari yang memang perlu kamu bayar. Misalnya, tagihan listrik, pulsa, biaya makan, dan lain sebagainya.

Kalau keperluanmu memang yang sifatnya wajib dan nggak mungkin ditinggalkan, ia pasti juga akan merasa sungkan untuk meminjam.

Tawarkan Bantuan Lain Yang Nggak Melibatkan Uang

Meski kamu menolak permintaannya, ada baiknya kamu mencoba menawarkan bantuan dengan cara lain. Karena dengan begitu, hubunganmu dan si dia bisa tetap terjaga dengan baik. Contohnya saja, kalau kamu bisa melakukan digital marketing, tawarkan padanya bantuan memasarkan usahanya. Atau kalau kamu punya followers yang banyak, katakan padanya bahwa kamu bisa memposting produk jualannya. Atau biar lebih mudah, kamu langsung tanyakan kepadanya apa ada hal yang bisa kamu bantu selain memberikan uang?

Metode ini menunjukkan bahwa kamu memang ingin membantu. Ia juga pasti akan merasa senang kalau kamu menawarkan bantuan lain daripada langsung menolak secara mentah-mentah.

Jangan Pernah Beritahukan Kondisi Keuanganmu Pada Siapa Pun

Kamu pernah nggak menceritakan keuanganmu kepada orang lain? Kalau iya, ya wajar saja mereka berani meminjam uang ke kamu. Karena mereka sudah tau kondisi keuangan kamu. Makanya, lain kali sebaiknya urusan finansialmu biar jadi rahasia antara dirimu dan Tuhan saja, ya! Kecuali kamu memang dengan sukarela mau dihutangi oleh orang lain.

Segitu aja deh tips dari kita. Gimana nih, neupeeps? Apa kamu juga pernah punya teman yang hobi ngutang? Boleh deh tips diatas dicoba dulu. Atau coba ajak teman kamu melakukan pendanaan peer to peer lending di neuGrow. Kasih tau kalau mereka akan mendapatkan keuntungan sampai 25% p.a! Jadi, mereka gak akan pinjam-pinjam lagi deh hehehe


Tentang Aplikasi Transfer Gratis dan Budgeting neu

Aplikasi Keuangan neu

neu adalah aplikasi keuangan yang membantu kamu mengelola keuangan kamu mulai dari transfer gratis, bayar tagihan, beli emas, pendanaan P2P dan lacak semua pengeluaran dan pemasukan kamu. 

Transfer Gratis Antar Bank

Kamu bisa transfer gratis ke semua bank di Indonesia tanpa biaya admin hingga 25 Juta per hari. Bisa buat kirim ke rekening kamu yang lain untuk menyimpan dana darurat kamu di bank lain, transfer gratis ke keluarga dengan beda bank, bayar online shop yang hanya terima bank tertentu dan lain-lain. Hanya bisa di neuTransfer!

Lacak Pengeluaran Uang

Kamu juga bisa mengatur keuangan kamu dengan neuBudget. neuBudget membantu kamu mencatat pengeluaran e-wallet dan bank kamu. Sehingga kamu tahu persis uangnya keluar kemana saja dan bisa membantu kamu membagi prioritas keuangan kamu.

Nabung Emas

Kamu bisa beli, jual dan memberikan hadiah emas ke teman kamu. Nabung emas di neuGold bisa menjadi solusi untuk memulai investasi untuk masa depan. neuGold berkerja sama dengan IndoGold sebagai penyedia layanan jual beli emas.

Pendanaan P2P Lending

Kamu bisa mulai pendanaan dengan mendapatkan imbal hasil menarik hanya dengan Rp 25.000 di neuGrow. neuGrow bekerja sama dengan Modal Rakyat, platform p2p yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Kode Referal

Kamu bisa mendapatkan saldo sebesar Rp20.000,00 jika membagikan kode referal yang dimiliki ke user lain. User tersebut juga akan menerima saldo jika Verifikasi Datanya berhasil. Saldo akan diterima dalam bentuk neuPoints.

Yuk download neu sekarang di App Store dan Play Store di sini.

Follow our Instagram @helloneu.id here.

  • Share

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *