Serupa Tapi Tak Sama, Ketahui Perbedaan Investasi Saham dan Reksadana Saham!

  • Author
    Leo
  • Posted on
    Apr 28, 2021 07:24 am
  • Readed
    13 Views
Beda Investasi Saham dengan Reksadana

Hello, neupeeps!

Kalau kamu yang sudah terjun ke dunia investasi, pasti familiar deh dengan yang namanya saham dan reksadana saham. Eits, buat kamu yang mikir kalau keduanya adalah hal yang serupa, truth be told, both of them are different! Hah, seriusan tuh? Yep, dua jenis investasi ini beda loh, neupeeps!

Makanya, para ahli menyarankan bagi kamu yang masih pemula dalam dunia investasi dan berminat bermain saham, akan lebih baik untuk menaruhkan modalnya di reksadana saham dibandingkan investasi saham. Memangnya apa yang membedakan antara investasi saham langsung dan reksadana saham? Tenang, kekepoan kamu akan kita kupas tuntas dalam artikel ini. Check it out!

Pengelolaan Dana

Pada investasi saham, dana dikelola langsung investor. Oleh sebab itu, kamu harus paham betul teknik fundamental dan teknikal agar cuan optimal. Jangan deh sekali-kali kamu berspekulasi saat investasi saham karena dampaknya bisa fatal, neupeeps! Oh iya meskipun dananya dikelola sendiri, kamu tetap bisa minta nasihat dari broker, kok!

Nah, kalau reksadana saham itu dananya nanti dikelola manajer investasi. Jadi, kamu hanya perlu memantau manajer investasi mengelola portofoliomu secara bijaksana.

Baca: Investasi Syariah: Investasi Tenang Tanpa Riba

Tingkat Risiko

Well, ngomongin risiko sudah pasti tingkat risiko investasi saham memang lebih tinggi dibandingkan reksadana. Alasannya sederhana, soalnya semua keputusan investasi ada di tangan kamu sendiri, misalnya kapan waktu yang tepat untuk jual atau beli saham.

Berkebalikan dari investasi saham, tingkat risiko reksadana saham justru lebih rendah karena danamu akan dikelola langsung oleh manajer investasi yang sudah berpengalaman. Jadi, kamu nggak perlu khawatir apalagi kalau kamu masih beginner di dunia investasi!

Return

Karena dana dikelola sendiri, maka kamu nggak perlu mengeluarkan uang untuk membayar fee agen pengelola. Selain itu, investasi saham langsung juga berpotensi memperoleh return yang lebih tinggi karena kamu bisa menentukan sendiri ingin berinvestasi di mana.

Nah, kalau reksadana saham nantinya maka kamu akan dikenakan fee untuk agen pengelola karena danamu dikelola oleh manajer investasi,  Selain itu, biasanya kamu juga akan dikenakan potongan setiap akan melakukan penarikan dana. 

Pajak 

Untuk investasi saham, kamu akan dikenakan pajak sebesar 0,1% dari nilai penjualan saham dan juga pajak sebesar 10% saat pembagian dividen. Sedangkan, menariknya reksadana saham adalah kamu nggak akan dikenakan pajak tapi kamu tetap wajib melaporkan keuntungan yang kamu peroleh ke dalam laporan SPT Tahunan.

Baca: Mau Investasi Saham? Kenali Dulu Saham Gorengan Supaya Nggak Boncos

Terus lebih baik investasi di mana, nih? Well, investasi saham dan reksadana saham itu sama-sama berprinsip high risk, high return. Jadi, keputusan balik lagu ke tanganmu. Kalau kamu ingin investasi yang nggak bikin pusing dalam hal risiko dan pengambilan keputusan, reksadana saham is the perfect option for you, neupeeps.

Kalau kamu masih belum berani untuk investasi baik di reksadana saham atau saham langsung, kamu bisa gunakan uangmu yang nganggur untuk pendanaan di neuGrow, neupeeps! Mulai dari Rp50.000, kamu bisa mendapatkan imbal hasil yang menarik dan membantu memajukan UMKM Indonesia, loh!


Tentang Aplikasi Transfer Gratis dan Budgeting Neu

Aplikasi Keuangan neu

neu adalah aplikasi keuangan yang membantu kamu mengelola keuangan kamu mulai dari transfer gratis, bayar tagihan, beli emas, pendanaan P2P dan lacak semua pengeluaran dan pemasukan kamu. 

Transfer Gratis Antar Bank

Kamu bisa transfer gratis ke semua bank di Indonesia tanpa biaya admin hingga 25 Juta per hari. Bisa buat kirim ke rekening kamu yang lain untuk menyimpan dana darurat kamu di bank lain, transfer gratis ke keluarga dengan beda bank, bayar online shop yang hanya terima bank tertentu dan lain-lain. Hanya bisa di neuTransfer!

Lacak Pengeluaran Uang

Kamu juga bisa mengatur keuangan kamu dengan neuBudget. neuBudget membantu kamu mencatat pengeluaran e-wallet dan bank kamu. Sehingga kamu tahu persis uangnya keluar kemana saja dan bisa membantu kamu membagi prioritas keuangan kamu.

Nabung Emas

Kamu bisa beli, jual dan memberikan hadiah emas ke teman kamu. Nabung emas di neuGold bisa menjadi solusi untuk memulai investasi untuk masa depan. neuGold berkerja sama dengan IndoGold sebagai penyedia layanan jual beli emas.

Pendanaan P2P Lending

Kamu bisa mulai pendanaan dengan mendapatkan imbal hasil menarik hanya dengan Rp 25.000 di neuGrow. neuGrow bekerja sama dengan Modal Rakyat, platform p2p yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Kode Referal

Kamu bisa mendapatkan saldo sebesar Rp20.000,00 jika membagikan kode referal yang dimiliki ke user lain. User tersebut juga akan menerima saldo jika Verifikasi Datanya berhasil. Saldo akan diterima dalam bentuk neuPoints.

Yuk download neu sekarang di App Store dan Play Store di sini.

Follow our Instagram @helloneu.id here.

  • Share

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *