• Share

Tentang Peer To Peer Lending Syariah yang Perlu Kamu Tahu

  • Author
    andisultan
  • Posted on
    Oct 27, 2021 18:00 pm
  • Readed
    46 Views
Peer To Peer Lending Syariah

Hello neupeeps!

P2P lending memang menjadi salah satu investasi yang sedang naik daun. Adanya iming-iming laba yang besar dan manajemen risiko yang baik bikin banyak orang ingin berinvestasi di sana. Namun sayang masih banyak yang ragu karena mungkin adanya preferensi personal terkait teknis dan mekanismenya.

Jangan khawatir saat ini sudah ada P2P lending syariah yang juga sedang banyak digandrungi. Di sana kamu gak perlu lagi khawatir masalah kehalalannya karena bisa dipertanggungjawabkan. Nah kalau kamu tertarik dengan investasi yang satu ini, berikut hal-hal yang wajib diketahui terlebih dahulu.

P2P lending yang dijamin halal

Peer to peer lending syariah bisa dibilang bisa dijamin masalah kehalalannya. Hal ini karena semua jenis usaha yang sudah berizinkan MUI berarti sudah diperiksa secara seksama sehingga terhindar dari unsur riba. Hal itulah yang membuat P2P lending syariah ini juga mulai diminati. Pasalnya selain dapat imbal dari bagi hasil namun juga harta yang masuk juga berkah. Bahkan P2P lending syariah ini juga bisa jadi sarana membantu orang yang membutuhkan dana untuk usahanya.

Lebih memilih akad ketimbang riba

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, P2P lending syariah tidak menggunakan sistem riba. Nah, oleh sebab itu fintech ini lebih memilih menggunakan akad yang sesuai dengan syariat Islam dalam membagi hasil. Ada tiga akad yang dipakai dalam fintech syariah yang satu ini, mulai dari Akad Al Wakalah Bil Ujrah dan Mudharabah Muqayyadah. Nantinya sang pemodal akan memilih akad yang digunakan dan tentunya masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya. Namun jangan khawatir karena sesuai dengan syariat Islam sehingga investasinya pasti halal. Nah kalau ingin mencoba peer to peer lending, bisa pakai neu biar transaksi lebih mudah.

Karena sesuai syariat, risiko ditanggung bersama

Umumnya peer to peer lending konvensional punya risiko yang sepenuhnya ditanggung oleh sang peminjam. Hal ini tentunya jadi masalah sendiri sehingga investor harus memikirkan cara agar gak sampai dapat kerugian. Meskipun sudah melihat credit scoring dari peminjam, namun nyatanya ada saja kasus di mana uang tak dikembalikan. Sebaliknya P2P lending risiko yang ada tidak hanya ditanggung oleh pemodal saja namun juga perusahaan. Adanya sistem seperti ini tentunya jadi tidak memberatkan pihak peminjam bahkan juga akan lebih ringan jika terjadi risiko karena ditanggung bersama.

Tujuannya jelas untuk hal yang produktif

Karena berdasarkan pada syariah, tentunya alasan dari peminjaman harus diseleksi dengan baik. Umumnya P2P lending syariah akan meminjamkan uang untuk hal yang bersifat produktif seperti memajukan UMKM. Hal ini tentunya juga memberikan dampak baik juga buat para pemodal. Pasalnya uang yang diinvestasikan selain dapat keuntungan namun juga bisa menolong orang lain dalam menjalankan bisnisnya.

P2P lending syariah mungkin jadi salah satu jalan investasi kamu namun tetap ingin di jalan yang halal. Apalagi kalau sudah mengantongi izin dari OJK dan MUI pastinya semua proses yang ada di sana bisa dipertanggungjawabkan.


Tentang Aplikasi Transfer Gratis dan Budgeting neu

Aplikasi Keuangan neu

neu adalah aplikasi keuangan yang membantu kamu mengelola keuangan kamu mulai dari transfer gratis, bayar tagihan, beli emas, pendanaan P2P dan lacak semua pengeluaran dan pemasukan kamu. 

Transfer Gratis Antar Bank

Kamu bisa transfer gratis ke semua bank di Indonesia tanpa biaya admin hingga 25 Juta per hari. Bisa buat kirim ke rekening kamu yang lain untuk menyimpan dana darurat kamu di bank lain, transfer gratis ke keluarga dengan beda bank, bayar online shop yang hanya terima bank tertentu dan lain-lain. Hanya bisa di neuTransfer!

Lacak Pengeluaran Uang

Kamu juga bisa mengatur keuangan kamu dengan neuBudget. neuBudget membantu kamu mencatat pengeluaran e-wallet dan bank kamu. Sehingga kamu tahu persis uangnya keluar kemana saja dan bisa membantu kamu membagi prioritas keuangan kamu.

Nabung Emas

Kamu bisa beli, jual dan memberikan hadiah emas ke teman kamu. Nabung emas di neuGold bisa menjadi solusi untuk memulai investasi untuk masa depan. neuGold berkerja sama dengan IndoGold sebagai penyedia layanan jual beli emas.

Pendanaan P2P Lending

Kamu bisa mulai pendanaan dengan mendapatkan imbal hasil menarik hanya dengan Rp 25.000 di neuGrow. neuGrow bekerja sama dengan Modal Rakyat, platform p2p yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Kode Referal

Kamu bisa mendapatkan saldo sebesar Rp20.000,00 jika membagikan kode referal yang dimiliki ke user lain. User tersebut juga akan menerima saldo jika Verifikasi Datanya berhasil. Saldo akan diterima dalam bentuk neuPoints.

Yuk download neu sekarang di App Store dan Play Store di sini.

Follow our Instagram @helloneu.id here.

  • Share

Artikel Terkait