Terapkan Detoks Keuangan Supaya Kantong Jadi Hemat!

  • Author
    Leo
  • Posted on
    Feb 18, 2021 06:15 am
  • Readed
    16 Views
Detoks Keuangan agar Dompet Sehat

Hello, neupeeps!

Pasti sudah familiar deh dengan istilah detoks. Biasanya, kalau ngomongin detoks ini otak kita selalu otomatis tertuju dengan kesehatan. Well, ternyata detoks juga bisa dilakukan dalam keuangan loh! 

Kalau detoks kesehatan dilakukan dengan puasa atau mengkonsumsi jus serta suguhan herbal lainnya guna mengeluarkan racun, maka detoks keuangan bertujuan untuk mengembalikan kondisi keuangan dari pengeluaran yang bikin kantong kamu bengkak. Sounds similar, right?

Detoks Keuangan, Apa Maksudnya?

Pada dasarnya, detoks keuangan adalah kegiatan yang bermaksud untuk mengurangi pengeluaran tertentu yang bisa bikin kantong kamu jebol.

Hmm, sounds easy? Eits, nyatanya nggak semudah itu loh, neupeeps! Masih banyak orang di luar sana yang struggle mengontrol latte factor-nya masing-masing.

Bagi sebagian orang, detoks keuangan adalah hal yang ekstrem. Padahal, kebiasaan ini nggak bermaksud untuk melabelkan bahwa tindakan membelanjakan uang itu buruk. Namun jika spending habits kamu nggak segera dikendalikan, justru akan berdampak buruk yang efeknya berkepanjangan dan memunculkan yang namanya financial stress.

Baca: Cemas Dalam Hal Keuangan, Mungkin Kamu Mengalami Financial Anxiety

Bagaimana Caranya Detoks Keuangan?

Jika kamu ingin menerapkan yang namanya detoks keuangan, berikut ada beberapa cara yang bisa praktikan. Silakan pilih salah satu sesuai dengan kemampuan kamu masing-masing ya, neupeeps. 🙂

Weekend Financial Detox

Jika kamu ingin mencoba detoks keuangan untuk pertama kali, bisa dimulai dengan weekend financial detox sebelum beralih ke level yang lebih lanjut. Tipe weekend financial detox ini dilakukan pada akhir pekan, yang artinya kamu wajib membekukan segala pengeluaran ketika weekend selama 48 jam penuh.

Wait, what? Nggak boleh jajan dong?

Yes, selama kurun waktu 48 jam ini kamu dianjurkan untuk menahan segala jenis pengeluaran yang nggak penting dalam bentuk apapun, seperti belanja online, nongkrong di luar, dan pengeluaran receh lainnya. Usut punya usut, weekend adalah waktu di mana orang-orang menjadi pribadi yang paling boros~

Baca: Emotional Spending: Ketika Belanja Jadi Pelarian Saat Suasana Hati Sedang Campur Aduk

Weekday Financial Detox

Kebalikan dari weekend financial detox, metode ini justru berfokus pada pembekuan pengeluaran di hari kerja. Dengan kata lain, kamu diminta untuk nggak mengeluarkan uang dari hari Senin hingga Jumat. Adapun pengeluaran yang dimaksud adalah pengeluaran untuk jajan atau belanja barang yang bukan kebutuhan~

The Every Other Week Financial Detox

Metode yang satu ini bersifat selang-seling, neupeeps. Jadi kamu dapat melakukan detoks keuangan secara bergantian, misalnya minggu ini kamu melakukan detoks, maka minggu selanjutnya kamu bisa “libur” dan seterusnya.

Eits, meskipun terdengar mudah tapi kamu nggak boleh menjadikan satu minggu libur detoks ini sebagai justifikasi dan ajang balas dendam untuk menghambur-hamburkan uang secara sembarangan ya.

Keep in mind to spend below your means!

Baca: Lagom: Gaya Hidup Sederhana Ala Orang Swedia Ini Patut Dicontoh!

The Full-30 Day Financial Detox

Bagi orang-orang, metode detoks keuangan yang satu ini adalah yang paling ekstrem dan berat. Nggak dapat dipungkiri, hal ini memang benar adanya karena kamu harus memangkas pengeluaranmu selama satu bulan penuh. 

Dalam kurun waktu 30 hari, kamu nggak boleh melakukan pengeluaran untuk kegiatan seperti makan di luar, pergi ke mall, nongkrong di kafe, belanja saat lagi diskon, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, jika kamu ingin menerapkan detoks keuangan yang satu ini wajib hukumnya untuk membuat anggaran yang rinci dan detail.

Dari keempat cara detoks keuangan di atas, adakah neupeeps yang sudah pernah coba? Detoks keuangan ini hukumnya nggak wajib dan harus dilakukan setiap waktu kok. Tapi, kamu dapat mempraktikan metode ini jika kamu merasa cash flow keuangan kamu sudah mulai nggak terkontrol.

Jangan lupa, supaya kantongmu lebih sehat lagi kamu bisa memanfaatkan fitur neuTransfer dari aplikasi neu ketika hendak melakukan transaksi antar bank. Dengan neuTransfer, dijamin biaya admin bank gratis sehingga kamu nggak perlu repot-repot pusingin Rp6.500,-!


Tentang Aplikasi Transfer Gratis dan Budgeting Neu

Aplikasi Keuangan neu

neu adalah aplikasi keuangan yang membantu kamu mengelola keuangan kamu mulai dari transfer gratis, bayar tagihan, beli emas, pendanaan P2P dan lacak semua pengeluaran dan pemasukan kamu. 

Transfer Gratis Antar Bank

Kamu bisa transfer gratis ke semua bank di Indonesia tanpa biaya admin hingga 25 Juta per hari. Bisa buat kirim ke rekening kamu yang lain untuk menyimpan dana darurat kamu di bank lain, transfer gratis ke keluarga dengan beda bank, bayar online shop yang hanya terima bank tertentu dan lain-lain.

Lacak Pengeluaran Uang

Kamu juga bisa mengatur keuangan kamu dengan neuBudget. neuBudget membantu kamu mencatat pengeluaran e-wallet dan bank kamu. Sehingga kamu tahu persis uangnya keluar kemana saja dan bisa membantu kamu membagi prioritas keuangan kamu.

Nabung Emas

Kamu bisa beli, jual dan memberikan hadiah emas ke teman kamu. Nabung emas di neuGold bisa menjadi solusi untuk memulai investasi untuk masa depan. neuGold berkerja sama dengan IndoGold sebagai penyedia layanan jual beli emas.

Pendanaan P2P Lending

Kamu bisa mulai pendanaan dengan mendapatkan imbal hasil menarik hanya dengan Rp 25.000 di neuGrow. neuGrow bekerja sama dengan Modal Rakyat, platform p2p yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Yuk download neu sekarang di App Store dan Play Store di sini.

Follow our Instagram @helloneu.id here.

  • Share

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *