• Share

Tertarik Investasi Lump Sum? Perhatikan Dulu Hal ini!

  • Author
    Leo
  • Posted on
    Feb 11, 2021 06:23 am
  • Readed
    78 Views
Cari Tahu Soal Investasi Lump Sum

Hello, neupeeps

Pembahasan tentang investasi saat ini sedang marak banget jadi pembicaraan banyak orang, ya. Nyatanya, memang terdapat berbagai cara yang bisa kita lakukan ketika berinvestasi dan hal ini bergantung pada tujuan dan kemampuan kita masing-masing, neupeeps

Apa Itu Investasi Lump Sum?

Investasi lump sum adalah istilah yang digunakan untuk menyebut metode investasi yang dibayar secara tunggal alias sekali bayar. Artinya, kamu hanya perlu menyetorkan uangmu di awal. Setelahnya, kamu tinggal tunggu sampai masa tenornya habis supaya bisa menikmati imbal balik dari modal yang kamu tanamkan.

Nah, lawan dari lump sum adalah cost averaging yang metode pembayarannya dilakukan secara berkala. Jadi, cost averaging ini modelnya seperti mencicil di mana kita akan menyetor uang setiap bulan di sebuah instrumen investasi sampai mencapai target tertentu, neupeeps

Sudah paham ‘kan dengan metode investasi lump sum ini? Jika kamu tertarik mencoba investasi dengan model lump sum ini, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, neupeeps. Untuk lebih lengkapnya, scroll down terus yuk~

Baca: Peer to Peer Lending: Investasi Kekinian Yang Digandrungi Kaum Milenial

Catatan Penting Sebelum Investasi Lump Sum

Ketahui Kondisi Finansial 

Pastikan kamu menggunakan uang dingin saat hendak berinvestasi ya, neupeeps. Uang dingin dalam konteks ini adalah uang yang sudah kamu sisihkan setelah memenuhi segala kebutuhan dan kewajiban lainnya. Atau, jika kamu punya rejeki lebih, kamu bisa menggunakan rejeki tersebut untuk diinvestasikan.

Hukumnya haram menggunakan semua uang yang ada di kantong, apalagi uang hasil dari hutang untuk berinvestasi. Soalnya, kamu nanti akan mengalami kesulitan ketika ada kondisi darurat dan butuh aset lancar dengan cepat karena beberapa instrumen investasi ada yang sifatnya nggak begitu likuid.

Baca: 5 Level Finansial, Ketahui Posisi Kamu Yuk!

Pilih Produk Sesuai Tujuan

Dikarenakan kamu hanya setor uang sekali di awal lalu tinggal menunggu tenor sampai imbal baliknya cair, maka pemilihan produk investasi juga nggak boleh asal. Nah, investasi lump sum ini lebih cocok dijadikan sebagai investasi jangka pendek karena modal yang dibutuhkan nggak terlalu besar dan resikonya juga relatif rendah, neupeeps. Beberapa produk investasi yang bisa kamu pilih jika tertarik menggunakan metode lump sum beberapa di antaranya adalah reksa dana, obligasi, dan peer-to-peer lending.

Baca: Nggak Cuma Hobi, Koleksi Barang-Barang Ini Bisa Kamu Jadikan Sebagai Investasi

Perhatikan Resiko

Knowledge investment atau ilmu dasar terkait investasi adalah kunci sebelum kamu memutuskan untuk melakukan investasi betulan, neupeeps. Ingin investasi lump sum di saham dengan modal besar? Nggak ada yang melarang, tapi bekali dirimu dengan ilmu yang cukup karena resikonya akan cukup besar pula.

Baca: Jangan Sampai Tertipu, Trik Jitu Hindari Investasi Bodong

Semoga pembahasan mengenai investasi dengan lump sum ini bermanfaat ya, neupees! Jika kamu tertarik mencoba investasi bersandarkan metode ini, kamu bisa mulai melakukan pendanaan di fitur neuGrow punya neu. Selain mendapatkan imbal hasil yang menarik, aksi kamu juga telah membantu para UMKM agar tetap bertahan di masa pandemi ini~


Tentang Aplikasi Transfer Gratis dan Budgeting Neu

Aplikasi Keuangan neu

neu adalah aplikasi keuangan yang membantu kamu mengelola keuangan kamu mulai dari transfer gratis, bayar tagihan, beli emas, pendanaan P2P dan lacak semua pengeluaran dan pemasukan kamu. 

Transfer Gratis Antar Bank

Kamu bisa transfer gratis ke semua bank di Indonesia tanpa biaya admin hingga 25 Juta per hari. Bisa buat kirim ke rekening kamu yang lain untuk menyimpan dana darurat kamu di bank lain, transfer gratis ke keluarga dengan beda bank, bayar online shop yang hanya terima bank tertentu dan lain-lain.

Lacak Pengeluaran Uang

Kamu juga bisa mengatur keuangan kamu dengan neuBudget. neuBudget membantu kamu mencatat pengeluaran e-wallet dan bank kamu. Sehingga kamu tahu persis uangnya keluar kemana saja dan bisa membantu kamu membagi prioritas keuangan kamu.

Nabung Emas

Kamu bisa beli, jual dan memberikan hadiah emas ke teman kamu. Nabung emas di neuGold bisa menjadi solusi untuk memulai investasi untuk masa depan. neuGold berkerja sama dengan IndoGold sebagai penyedia layanan jual beli emas.

Pendanaan P2P Lending

Kamu bisa mulai pendanaan dengan mendapatkan imbal hasil menarik hanya dengan Rp 25.000 di neuGrow. neuGrow bekerja sama dengan Modal Rakyat, platform p2p yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Yuk download neu sekarang di App Store dan Play Store di sini.

Follow our Instagram @helloneu.id here.

  • Share

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *