• Share

Tertarik Investasi Saham, tapi Bingung Mulai dari Mana? Coba Baca Tips Ini!

  • Author
    Leo
  • Posted on
    May 10, 2021 08:29 am
  • Readed
    541 Views
Tips Memulai Investasi Saham

Hello, neupeeps!

Sadar atau nggak, beberapa tahun belakangan ini, mulai banyak orang yang tertarik dan akhirnya menggeluti investasi saham. Tapi, banyak juga dari mereka yang akhirnya menyerah karena diterpa kerugian. Apa kamu salah satu orang yang ingin mulai investasi saham, tapi selalu ragu karena takut rugi?

Sebenarnya untung dan rugi dalam investasi saham adalah hal yang lumrah, apalagi kalau kamu baru mempelajarinya. Ibarat bisnis, tentu kita nggak bisa mengharapkan keuntungan terus menerus, ‘kan? Jatuh bangun itu biasa, bahkan diperlukan agar kamu bisa tumbuh semakin hebat. Meski begitu, kita pastinya tetap ingin meminimalisir kegagalan, dong? Nah, cara satu-satunya adalah kamu harus belajar dulu sebelum memulai.

Learning is the key to every success, neupeeps!

Nggak perlu ragu dan bingung lagi harus mencari sumber belajar, karena neu sudah merangkum 5 tips mudah yang bisa kamu praktikkan langsung hari ini!

Mulai dengan memahami instrumen saham

Instrumen saham itu apa aja sih? Beberapa di antaranya adalah pengertian saham, cara kerjanya, keuntungannya, konsekuensi pembeliannya, dan lain sebagainya. Semua hal-hal dasar sampai yang mendalam harus kamu kuasai. Tanpa menguasainya, kamu bisa-bisa terjerumus dalam langkah yang salah.

Simpelnya, beli saham itu nggak beda jauh dengan beli skincare. Pertama-tama, kamu harus liat dulu wujudnya, kegunaannya, review dari orang lain, komposisinya, pokoknya semuanya dari A sampai Z harus dipertimbangkan.

Baca: Mau Investasi Saham? Kenalan Dulu Sama Saham Blue Chip, Yuk!

Pahami juga emitennya

Emiten adalah pihak yang melakukan penawaran umum berupa efek. Efek ini bentuknya bermacam-macam, ada saham, obligasi, surat berharga komersial, dan lain sebagainya. Emitmen tidak hanya berupa perusahaan saja, tapi bisa juga perseorangan, asosiasi, atau kelompok yang terorganisasi.

Nah, sebelum melakukan ivestasi saham, kamu juga harus mengenal emitennya. Dalam industri saham, ada 9 sektor emiten, yaitu:

  • Agrikultur
  • Pertambangan
  • Bahan baku dan kimia
  • Infrastruktur, utilitas, dan transportasi
  • Finance atau keuangan
  • Customer goods
  • Perdagangan, jasa, dan investasi
  • Properti, real estate, konstruksi
  • Ragam

Memilih emiten harus sesuai dengan preferensi kamu, neupeeps. Misalnya kamu suka karena visi dan misinya, aksinya, atau lain sebagainya. Ibarat pacar, kamu harus kenal dekat dulu sama emitennya sebelum dipinang.

Baca: Mau Lebih Tahu Tentang Saham? Yuk, Lihat Sekeliling Kita!

Gunakan uang dingin untuk investasi

Mungkin sebagian dari kamu masih penasaran, uang dingin itu apa, sih? Mudahnya, uang dingin adalah uang yang nggak akan kamu gunakan dalam waktu dekat. Sekali lagi, kerugian dalam saham itu wajar, makanya kamu harus mengantisipasinya dengan menggunakan uang yang memang nggak akan dipakai untuk kebutuhan urgent. Jadi, kalau-kalau rugi, kamu bisa menghitungnya sebagai sebuah pembelajaran alih-alih meratapinya.

Atur strategi sebelum terjun investasi

Ini nih yang suka bikin pemula pada gagal dan berujung menyerah pada investasi saham: karena mereka nggak mengatur strategi. Jangankan investasi saham, mau ngelamar calon pacar aja harus ada strateginya dulu, ‘kan? Dekatin orangtuanya, caritahu makanan kesukaannya, dan lain sebagainya.

Baca: Serupa Tapi Tak Sama, Ketahui Perbedaan Investasi Saham dan Reksadana Saham!

Sebelum kamu investasi, kamu harus tau dulu apa saham incaran kamu, tau masuknya di angka berapa dan target keluarnya di angka berapa. Satu lagi, saham itu sifatnya jangka panjang! So, jangan sampai kamu berharap investasi hari ini, tau-tau besoknya langsung jadi jutawan. It’s totally impossible, neupeeps!

Gimana? Sekarang kamu udah nggak ragu lagi kan, neupeeps? Sebenarnya investasi saham itu susah susah gampang. Susah kalau kamu nggak mau mempelajarinya, gampang kalau kamu mau meluangkan waktu mendalaminya. Jadi apa kamu sudah siap untuk mulai investasi saham, neupeeps?


Tentang Aplikasi Transfer Gratis dan Budgeting Neu

Aplikasi Keuangan neu

neu adalah aplikasi keuangan yang membantu kamu mengelola keuangan kamu mulai dari transfer gratis, bayar tagihan, beli emas, pendanaan P2P dan lacak semua pengeluaran dan pemasukan kamu. 

Transfer Gratis Antar Bank

Kamu bisa transfer gratis ke semua bank di Indonesia tanpa biaya admin hingga 25 Juta per hari. Bisa buat kirim ke rekening kamu yang lain untuk menyimpan dana darurat kamu di bank lain, transfer gratis ke keluarga dengan beda bank, bayar online shop yang hanya terima bank tertentu dan lain-lain. Hanya bisa di neuTransfer!

Lacak Pengeluaran Uang

Kamu juga bisa mengatur keuangan kamu dengan neuBudget. neuBudget membantu kamu mencatat pengeluaran e-wallet dan bank kamu. Sehingga kamu tahu persis uangnya keluar kemana saja dan bisa membantu kamu membagi prioritas keuangan kamu.

Nabung Emas

Kamu bisa beli, jual dan memberikan hadiah emas ke teman kamu. Nabung emas di neuGold bisa menjadi solusi untuk memulai investasi untuk masa depan. neuGold berkerja sama dengan IndoGold sebagai penyedia layanan jual beli emas.

Pendanaan P2P Lending

Kamu bisa mulai pendanaan dengan mendapatkan imbal hasil menarik hanya dengan Rp 25.000 di neuGrow. neuGrow bekerja sama dengan Modal Rakyat, platform p2p yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Kode Referal

Kamu bisa mendapatkan saldo sebesar Rp20.000,00 jika membagikan kode referal yang dimiliki ke user lain. User tersebut juga akan menerima saldo jika Verifikasi Datanya berhasil. Saldo akan diterima dalam bentuk neuPoints.

Yuk download neu sekarang di App Store dan Play Store di sini.

Follow our Instagram @helloneu.id here.

  • Share

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *