• Share

Tips Atur Keuangan Selama Ramadhan Supaya Hemat

  • Author
    Leo
  • Posted on
    Apr 19, 2021 06:31 am
  • Readed
    99 Views
Atur Keuangan Selama Ramadhan

Hello, neupeeps!

Selamat menjalankan ibadah puasa bagi neupeeps yang menjalankan! Sehubungan dengan datangnya bulan Ramadhan, neu kali ini mau bagi sedikit tips tentang pengaturan keuangan di bulan yang suci ini. Pengeluaran saat bulan puasa seringkali lebih besar dibandingkan bulan biasanya karena ada kebutuhan untuk berbuka dan sahur, THR, infak dan zakat, hingga kue lebaran.

Belum lagi dengan adanya kenaikan harga sejumlah barang yang disebabkan tingginya permintaan di bulan Ramadhan. Nah, supaya kondisi keuangan tetap sehat saat Ramadhan dan pandemi seperti ini, simak tips mengatur keuangan berikut ini, yuk!

Buat Budgeting

Mudahnya, kamu rencanakan dulu, nih, berapa rupiah yang mau dikeluarkan untuk biaya buka puasa, sahur, beli cemilan, vitamin, buah-buahan, takjil, dan lain-lain. Semakin rinci kamu membuat anggaran, maka bakal semakin mudah nanti untuk memangkas pengeluaran.

Kalau ternyata kamu sulit untuk bikin budgeting selama sebulan penuh, bisa buat dulu untuk seminggu awal, lalu bertahap ke minggu kedua, ketiga, dan keempat. Strategi ini terkesan sederhana tapi cukup ampuh untuk menghindari sifat impulsif!

Baca: Fitur neuBudget untuk Membantu Pencatatan Keuangan Kamu!

Tetapkan Mindset “Buka Puasa Nggak Harus Mewah”

Bukan rahasia lagi kalau tingkat konsumsi meningkat saat Ramadhan. Ini disebabkan mindset “buka puasa harus mewah dan istimewa. Ada takjil, kolak, kurma, camilan, es, nasi, dan lauk pauk lengkap”. 

Well, dari deskripsi makanan yang diinginkan saja kamu harus mengeluarkan dua-tiga kali lipat pengeluaran. Nah, kalau mau hemat, kamu harus batasi budget menu buka puasa dan sahur. Ingat ya, neupeeps, yang berlebihan itu nggak baik~

Tahan Godaan Diskon dan Promo

Idealnya memang kita bisa lebih hemat dan mengelola keuangan dengan lebih baik saat Ramadhan. Tapi beragam promo, diskon, potongan harga, cashback, buy 1 get I, gratis ongkir dan lainnya sungguh menggoda Iman. Siapa coba yang nggak runtuh pertahanannya kalau ngeliat brand favorit ngadain diskon khusus?

Tapi lebih baik kamu tahan diri deh, neupeeps. Sebab, kebutuhkan kamu nggak berhenti saat bulan puasa saja. Hidupmu justru masih akan berlanjut setelah bulan puasa selesai, dan bahkan akan lebih banyak lagi kebutuhan yang harus dipenuhi. Semua itu butuh biaya yang nggak sedikit~

Baca: Emotional Spending: Ketika Belanja Jadi Pelarian Saat Suasana Hati Sedang Campur Aduk

Selektif dalam Ajakan Bukber

Yang paling khas dari bulan puasa itu ajakan buka bersama. Bukber ke sana dan ke sini tentu makan banyak biaya. Belum lagi soal harga makanan yang pasti mahal karena di kafe atau restoran. Apalagi kalau keterusan ngobrol, pasti banyak lagi biaya yang keluar untuk beli cemilan, kopi, atau pindah tempat.

Demi kesehatan keuangan pribadi, tolak beberapa ajakan buka bersama ini. Pilih yang benar-benar worth it. Kalau memang yang mengajak nggak terlalu dekat, atau nggak ada yang dikenal akrab di acara itu, kamu bisa skip dan cukup pilih bukber dengan teman-teman dekat saja~

Agar kamu makin berhasil dalam mengelola keuangan, jangan lupa untuk sisihkan uang dari perencanaan keuangan di awal untuk tabungan atau investasi. Misalnya, disisihkan untuk nabung emas di neuGold atau bantu UMKM di neuGrow!


Tentang Aplikasi Transfer Gratis dan Budgeting Neu

Aplikasi Keuangan neu

neu adalah aplikasi keuangan yang membantu kamu mengelola keuangan kamu mulai dari transfer gratis, bayar tagihan, beli emas, pendanaan P2P dan lacak semua pengeluaran dan pemasukan kamu. 

Transfer Gratis Antar Bank

Kamu bisa transfer gratis ke semua bank di Indonesia tanpa biaya admin hingga 25 Juta per hari. Bisa buat kirim ke rekening kamu yang lain untuk menyimpan dana darurat kamu di bank lain, transfer gratis ke keluarga dengan beda bank, bayar online shop yang hanya terima bank tertentu dan lain-lain. Hanya bisa di neuTransfer!

Lacak Pengeluaran Uang

Kamu juga bisa mengatur keuangan kamu dengan neuBudget. neuBudget membantu kamu mencatat pengeluaran e-wallet dan bank kamu. Sehingga kamu tahu persis uangnya keluar kemana saja dan bisa membantu kamu membagi prioritas keuangan kamu.

Nabung Emas

Kamu bisa beli, jual dan memberikan hadiah emas ke teman kamu. Nabung emas di neuGold bisa menjadi solusi untuk memulai investasi untuk masa depan. neuGold berkerja sama dengan IndoGold sebagai penyedia layanan jual beli emas.

Pendanaan P2P Lending

Kamu bisa mulai pendanaan dengan mendapatkan imbal hasil menarik hanya dengan Rp 25.000 di neuGrow. neuGrow bekerja sama dengan Modal Rakyat, platform p2p yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Kode Referal

Kamu bisa mendapatkan saldo sebesar Rp20.000,00 jika membagikan kode referal yang dimiliki ke user lain. User tersebut juga akan menerima saldo jika Verifikasi Datanya berhasil. Saldo akan diterima dalam bentuk neuPoints.

Yuk download neu sekarang di App Store dan Play Store di sini.

Follow our Instagram @helloneu.id here.

  • Share

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *