Tips Hemat Belanja Skincare: Kantong Sehat, Kulit Juga Sehat!

  • Author
    Leo
  • Posted on
    Jan 11, 2021 04:49 am
  • Readed
    4 Views
Hemat Beli Skincare Bikin Kantong Jadi Sehat!

Hello, neupeeps!

Apakah kamu tahu? Ternyata salah satu produk yang paling ditunggu-tunggu dan selalu cepat banget habisnya ketika semua toko online heboh menawarkan diskon besar-besaran adalah skincare. Dengar kata skincare aja pasti sudah bikin berbinar, terutama para ciwi-ciwi!

Yup, skincare is the new lifestyle!

Apalagi di zaman sekarang ketika para influencers dan public figure di media sosial sering spill the tea alasan kulit mereka glowing dengan kasih rekomendasi produk yang mereka gunakan. Ditambah lagi, video-video tutorial dan review berbagai produk skincare selalu jadi top trending yang laris ditonton banyak orang.

Alhasil, skincare sudah jadi bagian dari kebutuhan kita yang kalo nggak dikontrol bisa bikin kantong jadi kalang kabut. 

Makanya, cek tips berikut ini yuk agar neupeeps tetap bisa hemat ketika mau belanja skincare!

Bikin Rekening Khusus

Pernah dengar seni menabung masyarakat Jepang yang namanya kakeibo?

Nah penerapan dari kakeibo ini caranya dengan bikin beberapa pos pengeluaran khusus untuk setiap kebutuhan, salah satunya bisa dipraktekin dengan buat rekening yang berbeda untuk belanja skincare.

Setiap bulan, pastikan kamu bisa mengalokasikan sedikit persentase dari hasil jerih payahmu untuk anggaran skincare. Tapiiii, make sure alokasi dana untuk skincare jangan sampai lebih besar dari kebutuhan yang lain, ya! (Misalnya, 10% dari perolehan gajimu untuk anggaran skincare).

Jadi, kalau rekening belanja skincare kamu sudah habis artinya kamu harus stop dan nggak boleh ambil di rekening yang lain. Tunggu sampai uang gajian bulan depan turun, baru deh kamu bisa jajan skincare lagi dengan rekening khususmu ini!

Baca: Belajar Kakeibo, Seni Menyimpan Uang dari Jepang

Ingat Kemampuan

Nah, ini penting banget buat dijadikan sebagai mantra biar nggak kebablasan, neupeeps! Dengan banyaknya brand skincare di pasaran mulai dari brand high-end sampai drugstore yang affordable, penting buat kita untuk berbelanja secara bijak dengan menyesuaikan kemampuan masing-masing. 

Daripada memaksakan diri untuk jajan skincare high-end yang justru berada di luar kemampuan kita, nggak ada salahnya untuk mencari dupes atau produk yang memiliki kualitas setara dengan harga yang lebih terjangkau agar kondisi kantong kamu tetap lancar sampai akhir bulan.

In the end, esensi dari penggunaan skincare adalah konsistensi. If you started a new diet and didn’t see results in a day you wouldn’t throw in the towel. The same goes for skincare where consistency is king!

Baca: Punya Rekening Lebih dari Satu, Perlu Enggak?

Pahami Kebutuhan Kulit

Rumus penting dalam dunia per-skincare-an yang wajib untuk dipahami: setiap orang punya tipe kulit yang berbeda-beda sehingga produk yang digunakan oleh satu orang belum tentu cocok di orang lain. Jadi sebelum beli skincare, hukumnya wajib bagi kamu untuk riset produknya dulu apakah sudah sesuai dengan kebutuhan kulit atau belum. Tips ini juga dimaksudkan supaya kamu nggak impulsive buying, neupeeps

Contohnya, beberapa waktu belakangan ini 10-steps skincare routine dari Negeri Ginseng lagi hype banget dan banyak orang berbondong-bondong buat ikut cobain. Tapi kalau diteliti lagi, perlu nggak sih sampai 10 jenis begitu?

Well, 10-steps skincare routine ini mungkin akan cocok kalau diterapkan di Korea, tapi kalau di Indonesia yang beriklim tropis belum tentu hasilnya akan sama. Makanya daripada kamu beli banyak produk dari berbagai merk tapi sebenarnya punya fungsi yang  sama, mending kamu fokus ke satu produk untuk merawat skin concern-mu!

Baca: Cara Menghindari Perilaku Impulsive Buying saat Belanja

Takut Nggak Cocok? Beli Share in Jar atau Travel Size!

Tips ini bisa banget buat neupeeps coba kalau ingin beli skincare tapi masih maju mundur karena takut nggak cocok. Namanya pakai skincare pasti harus melalui proses trial and error dan untuk meminimalisir kerugian dari proses tersebut, opsi dengan beli kemasan yang lebih kecil ini bisa untuk diterapkan. Kalau ternyata cocok dengan versi share in jar atau travel size-nya, baru deh neupeeps bisa belanja yang ukuran asli!

Baca: 7 Tips Mengelola Keuangan Ala Anak Kos

Dengan semakin banyaknya brand skincare yang terus bermunculan, bukan berarti kamu juga harus terus mengikuti trend dan menjadi konsumtif yang justru hanya akan merusak tabungan.

Sudah saatnya kamu bijak dalam memilih skincare yang sesuai dengan kebutuhan kulit, bukan membeli hanya karena hype semata. Biar budgeting skincare tetap bisa terkontrol, download aplikasi neu yang bisa tracking pengeluaran kamu yuk, neupeeps!


Tentang Aplikasi Transfer Gratis dan Budgeting Neu

Aplikasi Keuangan neu

neu adalah aplikasi keuangan yang membantu kamu mengelola keuangan kamu mulai dari transfer gratis, bayar tagihan, beli emas, pendanaan P2P dan lacak semua pengeluaran dan pemasukan kamu. 

Transfer Gratis Antar Bank

Kamu bisa transfer gratis ke semua bank di Indonesia tanpa biaya admin hingga 25 Juta per hari. Bisa buat kirim ke rekening kamu yang lain untuk menyimpan dana darurat kamu di bank lain, transfer gratis ke keluarga dengan beda bank, bayar online shop yang hanya terima bank tertentu dan lain-lain.

Lacak Pengeluaran Uang

Kamu juga bisa mengatur keuangan kamu dengan neuBudget. neuBudget membantu kamu mencatat pengeluaran e-wallet dan bank kamu. Sehingga kamu tahu persis uangnya keluar kemana saja dan bisa membantu kamu membagi prioritas keuangan kamu.

Nabung Emas

Kamu bisa beli, jual dan memberikan hadiah emas ke teman kamu. Nabung emas di neuGold bisa menjadi solusi untuk memulai investasi untuk masa depan. neuGold berkerja sama dengan IndoGold sebagai penyedia layanan jual beli emas.

Pendanaan P2P Lending

Kamu bisa mulai pendanaan dengan mendapatkan imbal hasil menarik hanya dengan Rp 25.000 di neuGrow. neuGrow bekerja sama dengan Modal Rakyat, platform p2p yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Yuk download neu sekarang di App Store dan Play Store di sini.

Follow our Instagram @helloneu.id here.

  • Share

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *