• Share

Tips Keuangan ala Santri, Cocok Buat yang Mau Hidup Hemat

  • Author
    ihsan
  • Posted on
    Oct 11, 2021 18:00 pm
  • Readed
    9 Views
keuangan ala santri

Hello neupeeps!

Kadang kita susah banget dalam mengatur keuangan karena satu dan beberapa alasan. Akhirnya bukannya jadi bahagia yang ada malah pendapatan habis untuk hal yang sia-sia. Ya, sifat boros malah memperparah, yang membuat duit kita seolah hanya lewat begitu saja.

Kalau juga mengalami hal serupa, maka bisa coba tips mengatur keuangan ala santri pesantren ini. Ya, mereka diajarkan untuk berhemat sejak dini sehingga uang yang didapatkan tepat guna dan tidak sia-sia. Kalau penasaran, yuk simak kiat-kiat mereka dalam mengatur keuangannya.

Catat rincian dan buat rencana keuangan

Satu hal yang penting yang bisa dipelajari dari keuangan ala santri ini adalah melakukan rincian secara cermat. Ya, lantaran jauh dari keluarga maka harus mengelola keuangan dengan baik. Oleh sebab itu biasanya para santri ini akan membuat rincian dan rencana keuangan. Hal itu juga bisa kamu contoh jika ingin keadaan keuanganmu jadi lebih hemat seperti mereka. Catat semua pemasukan yang ada dan jangan lupa juga membuat daftar rencana pengeluaran secara rinci.

Cari partner hemat bareng

Yang identik dari para santri di pesantren adalah lihai dalam menyiasati keuangan. Nah, salah satu caranya adalah dengan mencari partner berhemat. Ya, dengan begitu pengeluaran bisa dipangkas dalam jumlah yang lumayan. Kamu bisa patungan buat transport, ngekos hingga makan. Lumayan bukan, bisa sangat meringankan pengeluaran. Nah sisa uangnya bisa dipakai buat ditabung atau kalau mau juga dapat diinvestasikan. Tapi jangan lupa, kalau cari partner yang bisa diajak hemat juga, pasalnya kalau dapat yang boros, endingnya pengeluaran membengkak juga.

Selalu pertimbangkan kalau beli barang

Dengan adanya keuangan yang terbatas, para santri diajari untuk selalu mempertimbangkan secara jeli kalau mau beli barang. Pasalnya kalau sampai kebablasan maka bisa membuat mereka sangat kerepotan. Oleh sebab itu, diskon atau potongan harga kadang jadi hal yang diincar supaya bisa berhemat. Nah, kamu juga bisa mencontohnya jika juga mau untuk berhemat. Jangan lupa untuk selalu cari diskonan semisal di toko online biar gak kelewatan. Kalau memang ketemu dan lagi pas sekali barang kebutuhan kamu, jangan tunggu lama lagi. Kamu bisa beli pakai e-Walletmu, tinggal pakai neu karena bisa top up OVO dan segera masukan keranjang belanjaan onlinemu.

Lawan sifat borosmu

Hal yang paling penting jika mau hidup hemat seperti para santri di pesantren ini adalah melawan sifat boros. Ya, selain salah satu sifat tercelah, boros sangat merugikan diri kita. Bagaimana tidak pasalnya uang yang seharusnya dipakai buat kebutuhan malah digunakan untuk urusan lain. Alhasil kita jadi bingung sendiri di akhir bulan karena kurang pemasukan. Oleh sebab itu, lawan sifat ini dengan berhemat secara bijak.

Pada dasarnya metode perencanaan keuangan yang baik bisa didapat dari mana saja, termasuk dari kehidupan santri di pesantren. Pasalnya mereka juga diajarkan untuk hidup secara hemat. Nah siapa tahu metode ini juga cocok buat kamu.


Tentang Aplikasi Transfer Gratis dan Budgeting neu

Aplikasi Keuangan neu

neu adalah aplikasi keuangan yang membantu kamu mengelola keuangan kamu mulai dari transfer gratis, bayar tagihan, beli emas, pendanaan P2P dan lacak semua pengeluaran dan pemasukan kamu. 

Transfer Gratis Antar Bank

Kamu bisa transfer gratis ke semua bank di Indonesia tanpa biaya admin hingga 25 Juta per hari. Bisa buat kirim ke rekening kamu yang lain untuk menyimpan dana darurat kamu di bank lain, transfer gratis ke keluarga dengan beda bank, bayar online shop yang hanya terima bank tertentu dan lain-lain. Hanya bisa di neuTransfer!

Lacak Pengeluaran Uang

Kamu juga bisa mengatur keuangan kamu dengan neuBudget. neuBudget membantu kamu mencatat pengeluaran e-wallet dan bank kamu. Sehingga kamu tahu persis uangnya keluar kemana saja dan bisa membantu kamu membagi prioritas keuangan kamu.

Nabung Emas

Kamu bisa beli, jual dan memberikan hadiah emas ke teman kamu. Nabung emas di neuGold bisa menjadi solusi untuk memulai investasi untuk masa depan. neuGold berkerja sama dengan IndoGold sebagai penyedia layanan jual beli emas.

Pendanaan P2P Lending

Kamu bisa mulai pendanaan dengan mendapatkan imbal hasil menarik hanya dengan Rp 25.000 di neuGrow. neuGrow bekerja sama dengan Modal Rakyat, platform p2p yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Kode Referal

Kamu bisa mendapatkan saldo sebesar Rp20.000,00 jika membagikan kode referal yang dimiliki ke user lain. User tersebut juga akan menerima saldo jika Verifikasi Datanya berhasil. Saldo akan diterima dalam bentuk neuPoints.

Yuk download neu sekarang di App Store dan Play Store di sini.

Follow our Instagram @helloneu.id here.

  • Share

Artikel Terkait