• Share

Tips Manajemen Hutang yang Baik Biar Nggak Bikin Pusing

  • Author
    ihsan
  • Posted on
    Oct 13, 2021 18:00 pm
  • Readed
    5 Views
manajemen hutang

Hutang memang selalu bikin rencana keuangan jadi berantakan. Mau bagaimana lagi, pasalnya karena kebutuhan kita berhutang alhasil harus dilakukan. Bahkan karena hutang ini bikin kita jadi agak susah pas akhir bulan karena uang dipakai bayar cicilan.

Hal itu tidak akan terjadi jika kamu jeli dalam memanajemen hutang. Ya, dengan perencanaan yang matang, gak akan ada lagi kelaparan di akhir bulan. Namun semua harus dilakukan secara serius dan konsisten. Lalu gimana cara manajemen hutang dengan baik itu? Berikut ulasan lengkapnya.

Bikin rencana keuangan dengan matang

Supaya hutangmu bisa cepat lunas, maka kamu harus membuat perencanaan keuangan dengan baik. Rinci secara detail baik pemasukan maupun pengeluaran, jangan sampai ada yang terlewat. Kemudian jangan lupa untuk menyusun rencana keuangan biar uangmu bisa digunakan tepat guna. Namun yang jelas sebelum tabungan dan investasi, usahakan ada sebagian uang yang dipakai buat bayar hutang. Hal ini supaya hutangmu tidak menumpuk terus nantinya dan bisa segera dilunasi.

Jangan sampai bertindak boros

Lantaran menyadari kalau dirimu punya hutang, maka tekan gaya hidup kamu supaya tidak berlebihan. Memang bersenang-senang itu penting namun jangan sampai boros. Bolehlah jalan atau nongkrong sekali atau dua kali dalam sebulan. Kamu juga bisa mencari diskonan supaya bisa lebih hemat. Ya, pantengin terus toko online supaya gak ketinggalan promosi. Biar gak sampai kelewat, kamu mesti sedia e-Wallet biar bisa lebih cepat beli barang yang diinginkan. Sekarang pakai Neu, kamu bisa Top Up Gopay buat beli barang diskonan yang diimpikan.

Mencari penghasilan lain

Kamu juga bisa memutar otak buat cari pendapatan lain untuk bayar hutang. Ingat zaman sekarang banyak sekali pekerjaan atau bisnis sampingan yang mudah digeluti namun juga menguntungkan. Kamu bisa menggunakan skillmu supaya bisa jadi penghasilan tambahan. Entah itu menggambar, editing, reseller dan lain-lain. Atau kalau tidak kamu juga bisa mencoba untuk buka jualan online yang saat ini sedang digandrungi. Mulai dari barang bekas hingga makanan semua bisa saja bikin dapat uang. Lumayan bukan, selain bisa dapat uang juga dapat dipakai buat tabungan.

Jangan gali lobang tutup lobang

Satu hal yang mesti kamu ingat adalah jangan sampai seperti pepatah, “Gali lobang, tutup lobang”. Ya, karena punya hutang jangan sampai kamu berhutang lagi untung melunasinya. Yang ada malah hutangmu makin membengkak dan akhirnya bunganya jadi tambah banyak. Oleh sebab itu, sebaiknya cari penghasilan lain saja atau menggunakan anggaran yang telah disusun tadi. Bayar secara rutin , ibaratnya “puasa” sebentar saja hingga hutang lunas. Baru deh setelah itu kamu bebas menggunakan uangmu terserah untuk apa.

Hutang memang jadi masalah kalau terus dibiarkan. Namun demikian, dengan penanganan yang benar dan rencana keuangan yang baik serta manajemen hutang yang cermat semua bukan lagi kendala. Semua tergantung niat dan keseriusan kamu untuk melunasinya.

  • Share

Artikel Terkait