• Share

Tips Memilih Reksadana Syariah Terbaik untuk Investasimu

  • Author
    ihsan
  • Posted on
    Oct 04, 2021 18:00 pm
  • Readed
    13 Views
memilih reksadana syariah

Hello neupeeps!

Zaman sekarang ini, investasi sangat banyak macamnya dan kadang memberikan keuntungan yang luar biasa. Namun sayang tidak semua dari investasi itu memakai cara sesuai dengan syariah sehingga banyak orang ragu untuk melakukannya. Percuma bukan, dapat uang banyak namun tidak berkah.

Buat kamu yang mau berinvestasi namun juga cari keberkahan, mungkin reksadana syariah bisa jadi jawabannya. Namun demikian banyak jenis dari investasi yang satu ini dan semua punya keuntungan serta peluang yang berbeda-beda. Supaya gak bingung, nih tips buat kamu yang ingin pilih investasi reksadana syariah yang cocok buatmu.

Pastikan sudah ada izin dari OJK

Langkah awal memilih sebuah perusahaan atau lembaga investasi adalah melihat ada atau tidaknya izin dari OJK. Ya, kalau sudah berizin bisa dipastikan kalau perusahaan tersebut legal dan diakui negara. Sebenarnya tidak hanya untuk reksadana syariah, yang konvensional pun seperti itu. Setelah itu, pastikan juga kalau sudah mengantongi syarat Unit Pengelolaan Investasi Syariah (UPIS), Ahli Syariah Pasar Modal (ASPM) dan dan Dewan Pengawas Syariah (DPS) sebagai bukti kalau investasi reksadana yang dilakukan benar-benar menggunakan cara yang halal dan sesuai dengan ketentuan.

Tentukan tujuan dari investasi reksadana syariah

Menentukan tujuan untuk berinvestasi adalah satu hal yang penting. Memilih investasi reksadana syariah tentunya ingin supaya dapat berkah. Namun selain itu, pasti ada tujuan lainnya. Entah itu mau mempertahankan nilai aset supaya terlindungi dari inflasi, atau malah menambah kekayaanmu. Semua sah-sah saja selama dilakukan melalui cara syariah sehingga berkah. Nah, setelah kamu menentukan tujuannya, barulah kamu bisa memilih investasi mana yang paling tepat.

Perhatikan profil risiko dari masing-masing produknya

Dalam investasi syariah, ada berbagai macam produk yang ditawarkan. Ya, mulai dari reksadana syariah saham, pendapatan tetap hingga sukuk. Masing-masing dari produk itu punya resiko yang berbeda-beda sehingga harus pintar dalam menyiasatinya. Misalnya saja di saham, sifat fluktuatif dari reksadana yang satu ini jadi salah satu tantangannya, sehingga harus pintar menyiasati. Namun, pendapatan yang didapat bisa diperoleh secara cepat. Kalau kamu gak mampu di reksadana seperti itu, mending pilih produk lainnya.

Tentukan jangka waktu dari investasimu

Nah satu hal yang penting dalam memulai investasi reksadana syariah ini adalah menentukan jangka investasinya. Seperti yang dijelaskan sebelumnya kalau masing-masing produk investasi syariah punya sifat yang berbeda-beda, begitu pula jangka waktunya. Apa kamu mau investasi dalam jangka pendek misalnya satu tahun, maka pasar uang adalah yang paling tepat.

Namun jika ingin investasi reksadana dalam jangka waktu yang panjang, maka reksadana campuran sangat menguntungkan jika kamu ingin menggelutinya. Oleh sebab itu jangan tunda lagi kalau mau investasi, sekarang semua jadi mudah bisa beli reksadana pakai e-Wallet. Tinggal buka aplikasi neu, Top Up OVO dan buat beli investasi reksadana syariahmu.

Dengan melakukan investasi reksadana syariah ini tentunya uang yang didapatkan InsyaAllah berkah. Selain dapat untung di dunia juga bisa jadi pahala buat akhirat kelak. Jadi jangan tunda lagu buat kamu memulai investasi.


Tentang Aplikasi Transfer Gratis dan Budgeting neu

Aplikasi Keuangan neu

neu adalah aplikasi keuangan yang membantu kamu mengelola keuangan kamu mulai dari transfer gratis, bayar tagihan, beli emas, pendanaan P2P dan lacak semua pengeluaran dan pemasukan kamu. 

Transfer Gratis Antar Bank

Kamu bisa transfer gratis ke semua bank di Indonesia tanpa biaya admin hingga 25 Juta per hari. Bisa buat kirim ke rekening kamu yang lain untuk menyimpan dana darurat kamu di bank lain, transfer gratis ke keluarga dengan beda bank, bayar online shop yang hanya terima bank tertentu dan lain-lain. Hanya bisa di neuTransfer!

Lacak Pengeluaran Uang

Kamu juga bisa mengatur keuangan kamu dengan neuBudget. neuBudget membantu kamu mencatat pengeluaran e-wallet dan bank kamu. Sehingga kamu tahu persis uangnya keluar kemana saja dan bisa membantu kamu membagi prioritas keuangan kamu.

Nabung Emas

Kamu bisa beli, jual dan memberikan hadiah emas ke teman kamu. Nabung emas di neuGold bisa menjadi solusi untuk memulai investasi untuk masa depan. neuGold berkerja sama dengan IndoGold sebagai penyedia layanan jual beli emas.

Pendanaan P2P Lending

Kamu bisa mulai pendanaan dengan mendapatkan imbal hasil menarik hanya dengan Rp 25.000 di neuGrow. neuGrow bekerja sama dengan Modal Rakyat, platform p2p yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Kode Referal

Kamu bisa mendapatkan saldo sebesar Rp20.000,00 jika membagikan kode referal yang dimiliki ke user lain. User tersebut juga akan menerima saldo jika Verifikasi Datanya berhasil. Saldo akan diterima dalam bentuk neuPoints.

Yuk download neu sekarang di App Store dan Play Store di sini.

Follow our Instagram @helloneu.id here.

  • Share

Artikel Terkait