• Share

Tips Mengatur Keuangan ala Marie Kondo Biar Dompet Kamu Happy!

  • Author
    Leo
  • Posted on
    Feb 04, 2021 06:11 am
  • Readed
    17 Views
Mengatur Keuangan ala Marie Kondo

Hello, neupeeps!

Pernah dengar nama Marie Kondo nggak? Hah, siapa tuh?

Beliau adalah wanita asal Jepang yang berhasil menggemparkan dunia dengan metode decluttering-nya, neupeeps. Metode Marie Kondo ini telah menjadi inspirasi banyak orang karena terbukti ampuh dalam merapikan ruangan yang berantakan sehingga membuat namanya dinobatkan sebagai the tidiest woman in the world.

Tapi neupeeps tau nggak sih kalau sebenarnya metode Marie Kondo yang disebut KonMari ini nggak hanya terbatas diterapkan untuk beres-beres barang di rumah aja?

Yup, kamu juga bisa praktekin metode KonMari untuk merapikan kondisi keuangan kamu. Untuk lebih lengkapnya, simak artikel di bawah ini, yuk!

To Do List Keuangan

Organizing adalah unsur yang paling utama dalam metode KonMari. Oleh sebab itu, kalau kamu ingin merapikan keuangan, hal paling pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuat to do list atau rencana keuangan. Dengan cara ini, kamu akan lebih paham mengenai tujuan keuangan kamu dan tentunya pengeluaranmu pun akan lebih terorganisir, neupeeps.

Banyak orang bertanya-tanya kenapa sih kita perlu banget buat rencana keuangan? Nah, rencana keuangan ini penting demi kondisi finansial yang sehat di masa depan. Soalnya, orang-orang yang nggak memiliki rencana keuangan pasti akan sulit untuk mengontrol diri dan cenderung sembrono dalam mengeluarkan uang karena tujuannya pun nggak jelas. Jadi, fungsi rencana keuangan ini adalah sebagai pedoman kamu sebelum bertindak. Mulai dari sekarang, yuk jangan malas untuk buat rencana keuangan!

Baca: Ayo Cari Tahu 4 Tipe Orang Berdasarkan Cara Mengelola Keuangan

Alokasi Anggaran

Salah satu dari metode KonMari adalah mengumpulkan semua barang-barang dalam satu tempat. Nah, setelah membuat rencana keuangan, berarti step selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mengalokasikan anggaran dengan buat pos-pos pengeluaran. Misalnya pos kebutuhan, dana darurat, tagihan, dan hiburan.

Dengan adanya alokasi anggaran, setiap pengeluaran akan memiliki anggarannya masing-masing. Setelah menjalankan cara ini, kamu bisa memeriksa tingkat keborosan kamu setiap bulan; apakah seluruh anggaran yang sudah dialokasikan habis terpakai atau justru masih tersisa. Kalau kamu sudah tau pengeluaran mana yang paling boros tentunya akan lebih mudah dalam memikirkan ide untuk berhemat, neupeeps.

Baca: Sinking Fund? Apakah Kamu Pernah Mendengarnya?

Selektif dalam Pengeluaran

Salah satu dari metode KonMari yang terkenal adalah “ask yourself if it sparks joy” yang memiliki peran penting dalam memilah barang-barang di rumah. Nah, metode ini juga bisa kamu terapkan untuk untuk menentukan mana pengeluaran yang penting dan mana yang nggak penting.

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengeliminasi pengeluaran yang nggak penting dari alokasi anggaran yang sudah kamu buat. Misalnya, menghentikan langganan platform hiburan yang nggak kamu gunakan atau stop belanja produk skincare yang sedang hype padahal nggak sesuai dengan kebutuhan kulit.

Oleh sebab itu, kunci dari metode ini adalah kamu harus cermat sebelum berbelanja dan tanyakan ke diri kamu terlebih dahulu apakah barang yang hendak dibeli benar-benar dibutuhkan atau sekedar impulsif semata.

Baca: Latte Factor: Pengeluaran Kecil Yang Bikin Kantong Boros!

Dari metode-metode di atas, dapat disimpulkan bahwa cara mengelola keuangan sebenarnya sangat sederhana. Namun, memang dibutuhkan kedisiplinan yang kuat untuk menjadikan pengelolaan keuangan ini sebagai kebiasaan yang dilakukan secara terus menerus supaya kita bisa merasakan perubahan yang signifikan.

Jika neupeeps tertarik untuk mencoba metode KonMari dalam pengelolaan keuangan pribadi, caranya sebenarnya cukup mudah loh: hanya dengan mengunduh aplikasi keuangan neu di ponsel kamu karena fitur-fitur yang ditawarkan sangat mendukung dalam mengatur keuangan ala Marie Kondo!


Tentang Aplikasi Transfer Gratis dan Budgeting Neu

Aplikasi Keuangan neu

neu adalah aplikasi keuangan yang membantu kamu mengelola keuangan kamu mulai dari transfer gratis, bayar tagihan, beli emas, pendanaan P2P dan lacak semua pengeluaran dan pemasukan kamu. 

Transfer Gratis Antar Bank

Kamu bisa transfer gratis ke semua bank di Indonesia tanpa biaya admin hingga 25 Juta per hari. Bisa buat kirim ke rekening kamu yang lain untuk menyimpan dana darurat kamu di bank lain, transfer gratis ke keluarga dengan beda bank, bayar online shop yang hanya terima bank tertentu dan lain-lain.

Lacak Pengeluaran Uang

Kamu juga bisa mengatur keuangan kamu dengan neuBudget. neuBudget membantu kamu mencatat pengeluaran e-wallet dan bank kamu. Sehingga kamu tahu persis uangnya keluar kemana saja dan bisa membantu kamu membagi prioritas keuangan kamu.

Nabung Emas

Kamu bisa beli, jual dan memberikan hadiah emas ke teman kamu. Nabung emas di neuGold bisa menjadi solusi untuk memulai investasi untuk masa depan. neuGold berkerja sama dengan IndoGold sebagai penyedia layanan jual beli emas.

Pendanaan P2P Lending

Kamu bisa mulai pendanaan dengan mendapatkan imbal hasil menarik hanya dengan Rp 25.000 di neuGrow. neuGrow bekerja sama dengan Modal Rakyat, platform p2p yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Yuk download neu sekarang di App Store dan Play Store di sini.

Follow our Instagram @helloneu.id here.

  • Share

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *