Tips Bermain Saham yang Bisa Dipraktikkan Siapa Saja

  • Author
    ihsan
  • Posted on
    Apr 26, 2021 08:21 am
  • Readed
    11 Views

Hello, neupeeps!

Berinvestasi dengan menggunakan saham merupakan salah satu cara yang disebut menguntungkan untuk mengumpulkan pundi-pundi dalam jangka panjang. Apalagi belakangan ini bermain saham sedang populer dan makin banyak diminati. Sayangnya belum semua orang mengerti cara berinvestasi yang aman dan tepat. Banyak orang yang asal ikut-ikutan karena tergiur keuntungan yang besar tersebut.

Bermain saham, jika dilakukan dengan perhitungan yang tepat, memang akan menghasilkan keuntungan berlipat. Namun jangan lupakan risiko besar yang menanti apalagi jika kamu memutuskan untuk menanamkan saham tanpa tahu hal-hal dasar mengenai permainan ini. Bermain saham tidak semudah transaksi perbankan macam transfer antar bank. Ada hal-hal dan tips bermain saham yang harus kamu ketahui apalagi jika kamu adalah seorang pemula. Tenang, tips-tips bermain saham ini mudah untuk dipraktikkan oleh siapa saja kok.

Membuat Rekening Saham

Sebelum kamu melakukan investasi saham, kamu harus membuat rekening saham terlebih dahulu. Rekening ini wajib kamu miliki jika kamu ingin beli saham di bursa efek Indonesia. Meski begitu, kamu bukannya membuka rekening saham di Bursa Efek Indonesia ya melainkan di perusahaan sekuritas. Ada berbagai perusahaan sekuritas yang tersedia, kamu tinggal pilih yang sesuai dengan kebutuhan.

tips bermain saham
Membuat rekening saham [source]

Pastikan kamu memilih sekuritas yang terpercaya dan telah mengantongi izin sebagai Perantara Pedagang Efek (PPE) atau Wakil Perantara Pedagang Efek (WPPE) dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Perusahaan sekuritas pilihanmu juga wajib terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Ini bertujuan untuk menghindarkan kamu terjebak bahkan tertipu oleh perusahaan sekuritas abal-abal.

Perhatikan Tempat Pembelian Saham

Demi menghindari kerugian yang jatuh meluncur tak terkendali, tentu penting untuk memperhatikan dimana kamu melakukan transaksi jual beli saham. Yang perlu kamu ketahui adalah belilah saham yang telah terdaftar pada Bursa Efek Indonesia. Di sana terkumpul lengkap statistik perubahan gerak harga saham dan sudah dipilih berdasarkan kriteria tertentu.

tips bermain saham
Perhatikan tempat membeli saham [source]

Jika ini dirasa masih membingungkan, kamu bisa membeli saham pertamamu dari saham yang terdapat di indeks saham BEI LQ45 atau IDX30. Pada indeks tersebut, saham-sahamnya mayoritas memiliki nilai likuiditas sangat tinggi. Meski begitu, perusahaan yang terdaftar dalam indeks tersebut juga memiliki latar belakang dan fundamental dengan nilai baik. Biasanya mereka bergerak di bidang produksi barang yang pasti digunakan masyarakat.

Belilah di Waktu yang Tepat

Bermain saham berarti kamu harus memiliki perhitungan waktu yang tepat, baik waktu pembelian maupun waktu penjualan. Nah, berbicara tentang waktu pembelian saham yang tepat ada beberapa saran yang bisa kamu lakukan. Salah satunya adalah membeli saham ketika harga saham sedang turun. Dengan menganalisa statistik perubahan harga saham dari perusahaan tertentu, kamu bisa membeli saham mereka ketika harganya sedang turun.

transfer antar bank
Beli saham di saat yang tepat [source]

Tentunya, pembelian saham ketika harga turun ini tidak bisa diaplikasikan ke semua saham. Kamu tetap harus punya kemampuan memprediksi dan menganalisa saham perusahaan tersebut. Tergiur saham murah boleh saja, namun harus tetap bijak. Tips bermain saham yang ini cukup penting untuk diperhatikan.

Cek Latar Belakang Perusahaan Penjual Saham

Tentunya kamu tak ingin membeli kucing dalam karung, eh saat dibuka malah berisi ayam. Artinya kamu harus tahu dengan baik, luar dalam dari sesuatu yang kamu akan beli termasuk untuk urusan saham. Dalam hal ini, latar belakang serta portfolio perusahaan yang sahamnya kamu inginkanlah kucingnya.

Cek latar belakang perusahaan penjual saham [source]

Kamu bisa melakukan analisa dengan screening dan filtering dengan cara melihat fundamental keuangan perusahaan tersebut. Jika dirasa baik dan cocok untukmu, maka kamu bisa memilih perusahaan tersebut. Ini wajib kamu lakukan agar kamu tidak mengalami kerugian maksimal di masa mendatang.

Tentukan Sumber dan Jangka Waktu

Karena investasi saham sedang populer, siapa saja jadi ingin melakukannya tapi salah dalam langkah awalnya yaitu sumber uang yang akan dialokasikan. Untuk investasi saham disarankan kamu mengambil dana dari pos uang dingin. Uang dingin adalah sejumlah uang yang memang disimpan dan tidak dipakai untuk jangka waktu tertentu. Artinya, ketika berinvestasi kamu sebaiknya tidak menggunakan uang bulanan, tabungan atau bahkan meminjam.

Tentukan sumber dan jangka waktu [source]

Setelah itu baru kamu menentukan jangka waktu dari investasi yang akan kamu lakukan. Seringnya kamu akan disarankan untuk melakukan investasi jangka panjang misalnya 10 atau 15 tahun. Dengan investasi jangka panjang, kamu berpeluang mendapatkan keuntungan berlipat. Hasilnya, kamu bisa mendapatkan kestabilan keuangan di masa mendatang.

Selain bermain saham kamu juga bisa berinvestasi dengan cara yang lain namun tetap menguntungkan. Salah satunya adalah pendanaan peer to peer lending yang ada di neu lewat fitur neuGrow. Jadi di sini kamu bisa jadi seorang pemberi dana dengan imbal hasil yang lumayan.

Tak hanya itu neu juga punya neuGold di mana kamu bisa menabung emas. Seperti yang kamu tahu emas nilanya cenderung stabil dan aman. Menariknya lagi di neuGold ini kamu bisa mulai menabung emas mulai Rp10 ribu saja. Menarik bukan untuk jadi alternatif?

  • Share

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *