• Share

Untukmu yang Baru Menerima Gaji Pertama, Jangan Sampai Terjebak Dalam 5 Kesalahan ini!

  • Author
    Leo
  • Posted on
    Jun 28, 2021 07:52 am
  • Readed
    71 Views
5 Kesalahan Ketika Gajian Pertama

Hello neupeeps!

Apa ada di antara kamu yang merupakan fresh graduate dan baru aja mendapatkan gaji pertamanya bulan ini? Atau mungkin juga untuk kamu yang sedang di tahap akhir kuliah dan sedang mempersiapkan diri untuk dunia kerja, artikel ini pas banget untuk dibaca!

Biasanya nih, yang baru memulai kerja sering melakukan kesalahan dalam mengelola keuangan. Wajar kok, namanya juga baru belajar! Tapi, kalau bisa dihindari, ya pastinya lebih baik lagi, yakan?

Supaya kamu nggak melakukan kesalahan seperti orang-orang lain, neu akan menjelaskan apa-apa aja sih kesalahan keuangan yang seharusnya nggak kamu lakukan.

Menghabiskan Gaji Untuk Kebutuhan dan Keinginan

Mentang-mentang baru pertama kali dapat gaji, kamu ngerasa harus menggunakan semuanya untuk kesenangan. Banyak banget yang akhirnya berpikir

Ya iyalah, aku sudah kerja keras satu bulan ini, harus dinikmati, dong!

Netizen 2021

Iya, kamu memang sudah bekerja keras sebulan ini. Apalagi sebagai karyawan baru, kadang masih susah beradaptasi dengan lingkungan kerja, jadi pekerjaan pun terasa sangat sulit.

Kalau pola pikirmu seperti ini, percayalah, gaji setiap bulan akan selalu habis untuk hedon. Kok bisa? Iya dong, karena pekerjaan apa pun, pasti selalu ada tantangan dan kesulitannya.

Ingin beri reward pada diri sendiri yang sudah bekerja keras boleh, tapi tetap harus ada porsinya, ya!

Nggak Belajar Mengelola Keuangan

Nah, ini nih kesalahan yang cukup gawat juga! Sejak awal, bahkan sebelum bekerja, kamu harus sudah mulai belajar mengelola keuangan. Cari tahu bagaimana cara membuat persentasi pengeluaran dan pemasukan yang efektif.

Dan jangan lupa budgeting! Kalau kamu masih merasa budgeting ribet dan bikin bingung, berarti kamu belum pernah coba pake neuBudget! Soalnya fitur neuBudget gampang banget buat digunain oleh berbagai kalangan usia. Cobain, deh~

Nggak Punya Tujuan Keuangan

Kalau kamu mau mengatur uangmu dengan baik, pertama-tama kamu harus punya yang namanya tujuan keuangan. Nah, soal tujuan keuangan ini, kamu nggak bisa nyontek dari orang lain, karena tujuan masing-masing berbeda. Entah itu kamu ingin beli rumah, beli mobil, membuka bisnis, yang penting kamu harus punya tujuan keuangan. Dengan begitu, begitu mendapat gaji, kamu bisa langsung menentukan ke mana saja uangmu harus dialirkan.

Mengambil Cicilan Setengah Dari Gaji

Mentang-mentang udah terima gaji, kamu jadi kepikiran untuk beli ini dan itu dengan cara nyicil. Tiba-tiba pengen ganti HP model terbaru, beli barang-barang yang padahal nggak kamu butuhkan, dan lain sebagainya.

Ah, gaji bulan depan kan masih ada, jadi aman, deh!

Netizen 2021

Eits, justru cicilan dalam jumlah besar membuat cashflow kamu jadi rentan berantakan, loh! Usahakan cicilan kamu nggak lebih besar daripada 35% penghasilan kamu, ya. Kalau bisa nyicilnya satu-satu, jangan sekaligus membeli banyak barang. Kalau cicilan HP sudah lunas, baru mulai nyicil beli hal yang lain lagi. Bisa, kan?

Nggak Mau Tau Soal Investasi

Siapa yang di sini masih sering berpikir bahwa investasi itu hanya dilakukan oleh orang yang “kaya” aja? Ups! Kamu salah besar. Berapa pun gaji kamu, kamu harus melakukan investasi. Investasi ini macam-macam kok. Kamu nggak harus langsung ikut-ikutan main saham seperti yang lainnya. Kalau kamu masih pemula, kamu bisa coba dengan investasi emas di neuGold, atau peer to peer lending di neuGrow.

Nominalnya nggak terlalu besar. Jadi, kamu bisa mulai belajar dari awal. Nanti, kalau kamu sudah lebih jago, mungkin bisa semakin memperluas investasi kamu dengan main saham atau yang lainnya. Well, segitu dulu penjelasan dari kita. Jangan sampai artikel ini hanya dibaca, tapi nggak dipraktekkan. Yuk, langsung mulai sekarang!


Tentang Aplikasi Transfer Gratis dan Budgeting neu

Aplikasi Keuangan neu

neu adalah aplikasi keuangan yang membantu kamu mengelola keuangan kamu mulai dari transfer gratis, bayar tagihan, beli emas, pendanaan P2P dan lacak semua pengeluaran dan pemasukan kamu. 

Transfer Gratis Antar Bank

Kamu bisa transfer gratis ke semua bank di Indonesia tanpa biaya admin hingga 25 Juta per hari. Bisa buat kirim ke rekening kamu yang lain untuk menyimpan dana darurat kamu di bank lain, transfer gratis ke keluarga dengan beda bank, bayar online shop yang hanya terima bank tertentu dan lain-lain. Hanya bisa di neuTransfer!

Lacak Pengeluaran Uang

Kamu juga bisa mengatur keuangan kamu dengan neuBudget. neuBudget membantu kamu mencatat pengeluaran e-wallet dan bank kamu. Sehingga kamu tahu persis uangnya keluar kemana saja dan bisa membantu kamu membagi prioritas keuangan kamu.

Nabung Emas

Kamu bisa beli, jual dan memberikan hadiah emas ke teman kamu. Nabung emas di neuGold bisa menjadi solusi untuk memulai investasi untuk masa depan. neuGold berkerja sama dengan IndoGold sebagai penyedia layanan jual beli emas.

Pendanaan P2P Lending

Kamu bisa mulai pendanaan dengan mendapatkan imbal hasil menarik hanya dengan Rp 25.000 di neuGrow. neuGrow bekerja sama dengan Modal Rakyat, platform p2p yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Kode Referal

Kamu bisa mendapatkan saldo sebesar Rp20.000,00 jika membagikan kode referal yang dimiliki ke user lain. User tersebut juga akan menerima saldo jika Verifikasi Datanya berhasil. Saldo akan diterima dalam bentuk neuPoints.

Yuk download neu sekarang di App Store dan Play Store di sini.

Follow our Instagram @helloneu.id here.

  • Share

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *