• Share

Kapan Sih Waktunya Investasi Paling Tepat?

  • Author
    ihsan
  • Posted on
    Jul 19, 2021 18:00 pm
  • Readed
    5 Views
waktu investasi

Investasi mungkin jadi salah satu jalan utama untuk pemasukan tambahan. Bagaimana tidak, tanpa buang banyak energi, uang bisa mengalir sendiri ke rekening kita. Apalagi kalau waktunya tepat, banyak keuntungan yang bakal didapat dari investasi tersebut. Oleh sebab itu, baik pekerja maupun pebisnis sedang gencar melakukan investasi.

Namun sayangnya tidak semua orang tahu kapan waktu yang tepat untuk investasi. Pasalnya kalau salah waktu, alih-alih dapat keuntungan yang ada malah menambal kerugian. Nah berikut beberapa tips buat kamu biar tahu kapan waktu yang tepat buat investasi biar bisa kaya dan hidup makmur di usia tua.

Jangan buang waktu, sekarang saatnya

Sebenarnya tak perlu tunggu kaya untuk memulai investasi, selama kamu punya penghasilan, itulah saatnya. Tak perlu muluk-muluk untuk berinvestasi dengan jumlah yang sangat besar, mulai dengan angka yang sedikit dan sesuai dengan kemampuan keuangan. Ibarat pepatah, sedikit demi sedikit lama-kelamaan menjadi bukit. Mungkin awalnya keuntungan yang dirasakan tidak akan terlalu terasa, tetapi kalau sudah bertahun-tahun maka akan terlihat manfaatnya.

Namun ingat, lihat kondisi keuangan

Meskipun disarankan untuk memulai investasi sejak dini, namun perlu digaris bawahi agar keadaan keuanganmu sedang stabil. Nah, stabil di sini maksudnya tidak harus kaya melainkan bebas dari hutang dan tanggungan. Selesaikan dulu dua masalah itu, jika sudah barulah memulai investasi kembali. Pasalnya kalau hutang dan tanggungan disepelekan, nantinya malah jadi makin membludak jumlahnya. Niat investasi untuk untung, jadinya malah buntung.

Jangan terpengaruh trend, kurangi sifat konsumtif

Salah satu kendala dalam berinvestasi adalah perilaku konsumtif kita yang tak bisa terbendung. Masalahnya banyak pengeluaran buat hal yang tak perlu. Ada banyak contoh dari pengeluaran ini, mulai tren kopi-kopian mahal biar trendy, gawai bermerek yang mahal harganya, hingga hal sepele seperti biaya transfer antar bank. Untuk hal-hal yang trendy macam kopi mahal dan gawai, kamu bisa mengerem diri agar duitmu dialihkan untuk hal lain yang bermanfaat. Nah, untuk transfer antar bank, kamu bisa pake aplikasi neu yang bebas biaya kalau mau kirim uang. Solusinya lumayan mudah bukan? Sisa duitnya bisa buat investasi.

Cek secara berkala investasimu

Dalam berinvestasi hal lain yang penting adalah pengecekan secara berkala. Pasalnya kita tak tahu ke depannya investasi itu akan untung atau rugi. Dengan memperhatikannya seiring waktu, kamu akan tahu potensi dari investasimu. Kalau dikira akan rugi, sebaiknya kamu tarik danamu di waktu yang tepat. Sebaliknya kalau potensi untuk untung besar, maka kamu bisa menahannya agak lama supaya bisa makin banyak keuntungan yang diperoleh. Makin jeli kamu mengamati, tambah besar juga peluang investasimu untuk tidak merugi.

Ya, memang banyak faktor yang mempengaruhi waktu yang tepat untuk investasi. Namun demikian semua harus diperhatikan dengan baik. Ibarat merawat tanaman, dirawat pelan-pelan kelak akan berbuah manis dan siap untuk dipetik.

  • Share

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *