• Share

Waspada Jebakan Rat Race: Ketika Kamu Terus Bekerja Keras Tanpa Arah!

  • Author
    Leo
  • Posted on
    May 24, 2021 06:32 am
  • Readed
    573 Views
Waspada Sindrom Rat Race

Hello, neupeeps!

Kebanyakan dari kamu mungkin sudah nggak asing lagi ya dengan kata “rat race”. Sebutan ini dipopulerkan pertama kali oleh Robert T. Kiyosaki, seorang penulis buku berjudul “Rich Dad Poor Dad” yang telah terjual lebih dari 30 juta kopi. Buku ini recommended banget. Coba deh kamu baca juga, neupeeps!

So, rat race ini tuh diibaratkan seperti seekor tikus yang terjebak di dalam roda berputar. Meski tikus itu terus berlari, tapi ia tetap berada di titik yang sama. Nggak ada perubahan. Nggak beda jauh dengan tikus, manusia juga tanpa sadar bisa terjebak di dalam lingkaran tiada akhir.

Contoh mudahnya saja, manusia yang bangun pagi—bekerja keras—mendapat gaji—belanja—bayar hutang—bayar cicilan—nggak berinvestasi—bekerja keras lagi—dan begitu seterusnya. Jadi kamu bekerja dan mengejar suatu hal tanpa tujuan dan nggak kelihatan hasil akhirnya.

Tanpa kita sadari, kita mungkin termasuk salah satu yang terkurung di dalam rat race ini juga, neupeeps. Eits, hati-hati, kebanyakan yang terukurung di dalam rat race justru menormalisasi keadaan ini.

Jangan sampai kamu juga begitu! Jika memang kamu termasuk yang terjebak dalam rat race, kamu harus berusaha untuk menemukan jalan keluar. Bagaimana caranya, ya? Sini, neu siap menjelaskan!

Pertama, Buat Tujuan Keuangan

Kamu tau nggak kenapa orang-orang bisa terjebak di dalam rat race? Karena mereka nggak punya tujuan keuangan! Makanya begitu menerima penghasilan biasanya akan langsung digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan dihabiskan dengan memenuhi keinginan.

Dengan memiliki tujuan keuangan, kamu jadi tau ke mana harus mengalokasikan uangmu ketika mendapatkan penghasilan. Bagi penghasilanmu ke dalam beberapa pos-pos, seperti pos untuk kebutuhan sehari-hari, pos untuk dana darurat, pos untuk liburan, pos untuk investasi, dan lain sebagainya.

Kedua, Jangan Hanya Memanfaatkan Satu Pendapatan

Pendapatan tidak mutlak harus berasal dari satu pekerjaan kamu saja, neupeeps. Kamu bisa menambah pemasukan kamu dengan cara lain. Perlu untuk kamu ketahui bahwa penghasilan sendiri dibagi ke dalam beberapa bentuk, yaitu:

Pendapatan aktif – Pendapatan aktif adalah gaji yang kamu terima dari pekerjaan utama kamu.

Pendapatan pasif – Pendapatan pasif ini bisa terus mendatangkan uang, meski dengan pengelolaan yang minim. Contoh dari pendapatan pasif apa saja? Bisnis sewa properti atau franchise.

Portfolio – Pendapatan portfolio ini datangnya dari hasil investasi kamu. Contohnya investasi reksadana atau saham. Gimana caranya untuk investasi? Langsung aja download aplikasi neu, kamu bisa investasi mulai dari reksadana, emas, hingga p2p!

Ketiga, Biasakan Menabung Dan Investasi

Seperti yang sudah disinggung pada kalimat sebelumnya, investasi dan menabung itu penting! Sayangnya masih banyak yang nggak bisa melakukannya. Masalah utamanya sih biasanya karena mereka nggak melakukan budgeting dan mencatat keuangan mereka.

Wajar sih, soalnya kalau melakukan budgeting dan mencatat keuangan secara manual itu ribet, neupeeps! Makanya, jangan lagi gunakan cara lama! Langsung aja atur keuangan kamu dengan neuBudget. Cara penggunaannya mudah dan bisa kamu aplikasikan setiap hari.

Keeempat, Mulai Menjalankan Hidup Hemat

Hidup hemat bukan berarti kamu harus menyiksa diri dengan makan hanya sekali sehari, ya! Cara berhemat yang benar adalah dengan menentukan mana pengeluaran yang bisa kamu tahan. Misalnya saja kamu yang tadinya suka beli kopi di kafe yang harganya satu kali minum bisa 20.000, sekarang coba mulai minum kopi sachet di kantor.

Contohnya lainnya lagi, kalau kamu yang biasanya suka beli baju berkali-kali, coba mulai kurangi. Atau kalau nggak bisa, coba beralih ke bajau-baju second hand. Selain harganya lebih murah, kamu juga membantu menjaga kelestarian alam dengan nggak terus-terusan membeli baju baru!

So, gimana, neupeeps? Apa kamu sudah siap untuk keluar dari jebakan rat race? Jangan ditunda lagi, yuk mulai dari sekarang!


Tentang Aplikasi Transfer Gratis dan Budgeting Neu

Aplikasi Keuangan neu

neu adalah aplikasi keuangan yang membantu kamu mengelola keuangan kamu mulai dari transfer gratis, bayar tagihan, beli emas, pendanaan P2P dan lacak semua pengeluaran dan pemasukan kamu. 

Transfer Gratis Antar Bank

Kamu bisa transfer gratis ke semua bank di Indonesia tanpa biaya admin hingga 25 Juta per hari. Bisa buat kirim ke rekening kamu yang lain untuk menyimpan dana darurat kamu di bank lain, transfer gratis ke keluarga dengan beda bank, bayar online shop yang hanya terima bank tertentu dan lain-lain. Hanya bisa di neuTransfer!

Lacak Pengeluaran Uang

Kamu juga bisa mengatur keuangan kamu dengan neuBudget. neuBudget membantu kamu mencatat pengeluaran e-wallet dan bank kamu. Sehingga kamu tahu persis uangnya keluar kemana saja dan bisa membantu kamu membagi prioritas keuangan kamu.

Nabung Emas

Kamu bisa beli, jual dan memberikan hadiah emas ke teman kamu. Nabung emas di neuGold bisa menjadi solusi untuk memulai investasi untuk masa depan. neuGold berkerja sama dengan IndoGold sebagai penyedia layanan jual beli emas.

Pendanaan P2P Lending

Kamu bisa mulai pendanaan dengan mendapatkan imbal hasil menarik hanya dengan Rp 25.000 di neuGrow. neuGrow bekerja sama dengan Modal Rakyat, platform p2p yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Kode Referal

Kamu bisa mendapatkan saldo sebesar Rp20.000,00 jika membagikan kode referal yang dimiliki ke user lain. User tersebut juga akan menerima saldo jika Verifikasi Datanya berhasil. Saldo akan diterima dalam bentuk neuPoints.

Yuk download neu sekarang di App Store dan Play Store di sini.

Follow our Instagram @helloneu.id here.

  • Share

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *