• Share

Work Hard, Play Hard: Taktik Jitu Agar Tetap Bijak dalam Pengeluaran

  • Author
    Leo
  • Posted on
    Mar 08, 2021 06:49 am
  • Readed
    26 Views
Taktik Jitu Agar Bijak dalam Pengeluaran Keuangan

Hello, neupeeps!

Siapa nih yang setiap weekend suka banget nge-hedon dengan alasan self-reward? Bekerja keras memang tetap harus diseimbangkan dengan bersenang-senang agar kewarasan tetap terjaga, makanya istilah “work hard, play hard” sering terdengar di mana-mana. 

Sayangnya, kebiasaan untuk melepaskan beban pekerjaan dengan party atau belanja barang-barang mewah justru hanya akan menciptakan lingkaran setan buat keuangan kamu sendiri loh, neupeeps. Kebanyakan orang berpikir, karena sudah bekerja keras, maka belanja apapun sesuai keinginan tanpa mempedulikan nominal adalah hal yang wajar untuk bisa menyeimbangkan rutinitas yang padat. Well, that ain’t it

Jangan biarkan motto “work hard, play hard” menjadi pembenaran gaya hidup yang berlebihan. Justru hal tersebut bukan penerapan konsep self-reward yang menguntungkan karena akan berujung pada pengeluaran yang akan kamu sesali di kemudian hari. Jadi, gimana nih caranya supaya pengeluaran tetap bijak? Tenang, neu akan kasih tau kamu. Simak artikel berikut, yuk!

Baca: Pentingnya Perencanaan Keuangan untuk First Jobber

Find Your Source of Joy

Langkah paling awal adalah ketahui sumber kebahagiaanmu! Yup, tentukan hal-hal apa saja yang selalu bisa buat kamu happy lalu cari hal alternatif serupa yang sekiranya bisa kamu lakukan untuk menghemat pengeluaran. 

Misalnya, kamu suka menghabiskan waktu bersama teman-teman. Nah alih-alih, hangout di luar yang terkadang bisa memakan banyak biaya, coba deh sekali-kali lakukan sleepover di rumah dan memesan makanan online untuk memotong pengeluaran. Durasi quality time lebih leluasa tapi kantong kamu juga nggak bocor, sounds legit right?

Baca: Emotional Spending: Ketika Belanja Jadi Pelarian Saat Suasana Hati Sedang Campur Aduk

Saving is A Must

Working hard? Oke! Playing hard? Boleh. Lalu, tabungannya hard juga nggak nih? Dengan bekerja keras, pasti kamu juga mengalami perkembangan karir dan peningkatan penghasilan. Sah-sah aja kok kalau kamu mau mengeluarkan uang untuk hal-hal yang kamu sukai sebagai self-reward, tapi kamu tetap harus pintar mengatur pengeluaran agar seimbang dengan jumlah yang kamu tabung.

Baca: Mending Menabung atau Investasi Ya?

Ingat Masa Depan

Well, kalau kamu mau playing hard boleh-boleh aja tapi pastikan untuk tetap ingat dengan masa depan dan tujuan keuangan kamu ya, neupeeps. Ibarat lagunya Chrisye, kehidupan itu bagaikan badai yang cepat berlalu. Kalau kamu terus-menerus terjebak di lingkaran kesenangan di atas, khawatirnya malah nanti kamu akan menyesal di masa depan. Oleh karenanya, penting untuk menentukan tujuan keuangan supaya kamu bisa mengontrol pengeluaran kamu dengan nggak semena-mena.

Baca: Cermati Hal Ini Sebelum Investasi

Pada akhirnya, keseimbangan yang sepatutnya kamu cari bukan hanya pada kesenangan dan kenyamanan di hari ini. “Work hard, play hard” itu sah-sah aja asalkan kamu juga tetap memprioritaskan kenyamanan di masa depan. Jangan biarkan kerja keras kamu di hari ini hanya bisa berlangsung saat ini dan nggak bisa kamu nikmati di hari tua.

Kalau kamu punya uang nganggur, daripada dihabiskan untuk nge-hedon, mending disisihkan buat pendanaan di neuGrow atau nabung emas di neuGold. Meskipun disisihkan sedikit tapi lama-lama bisa menjadi bukit dan bermanfaat di hari tua nanti. Jadi, langsung aja yuk download aplikasi keuangan neu untuk masa depan yang cerah!


Tentang Aplikasi Transfer Gratis dan Budgeting Neu

Aplikasi Keuangan neu

neu adalah aplikasi keuangan yang membantu kamu mengelola keuangan kamu mulai dari transfer gratis, bayar tagihan, beli emas, pendanaan P2P dan lacak semua pengeluaran dan pemasukan kamu. 

Transfer Gratis Antar Bank

Kamu bisa transfer gratis ke semua bank di Indonesia tanpa biaya admin hingga 25 Juta per hari. Bisa buat kirim ke rekening kamu yang lain untuk menyimpan dana darurat kamu di bank lain, transfer gratis ke keluarga dengan beda bank, bayar online shop yang hanya terima bank tertentu dan lain-lain.

Lacak Pengeluaran Uang

Kamu juga bisa mengatur keuangan kamu dengan neuBudget. neuBudget membantu kamu mencatat pengeluaran e-wallet dan bank kamu. Sehingga kamu tahu persis uangnya keluar kemana saja dan bisa membantu kamu membagi prioritas keuangan kamu.

Nabung Emas

Kamu bisa beli, jual dan memberikan hadiah emas ke teman kamu. Nabung emas di neuGold bisa menjadi solusi untuk memulai investasi untuk masa depan. neuGold berkerja sama dengan IndoGold sebagai penyedia layanan jual beli emas.

Pendanaan P2P Lending

Kamu bisa mulai pendanaan dengan mendapatkan imbal hasil menarik hanya dengan Rp 25.000 di neuGrow. neuGrow bekerja sama dengan Modal Rakyat, platform p2p yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Yuk download neu sekarang di App Store dan Play Store di sini.

Follow our Instagram @helloneu.id here.

  • Share

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *