Yakin Kamu Sudah Matang Secara Finansial? Coba Cek dengan Jawab 4 Pertanyaan Ini!

  • Author
    Leo
  • Posted on
    May 28, 2021 07:49 am
  • Readed
    496 Views
4 Pertanyaan untuk yang Matang Finansial

Hello, neupeeps!

Coba deh, kamu ingat nggak gimana dulu kamu sangat menanti-nantikan momen menjadi dewasa? Salah satu keuntungan terbesar menjadi dewasa adalah kita bisa memiliki penghasilan sendiri. Mau beli ini itu bebas, mau punya apa pun bisa, mau melakukan apa aja juga nggak ada yang ngelarang! True?

Eits, cita-cita yang seperti ini nih yang justru melahirkan generasi dewasa yang nggak matang secara finansial. Keinginannya banyak, tapi nggak sesuai dengan kenyataan dan nggak mau belajar untuk mengelolanya. 

Kebanyakan kita berpikir, semakin dewasa seseorang, tentu ia akan semakin matang secara finansial. No no, ternyata anggapan itu nggak sepenuhnya benar, loh! Kematangan finansial nyatanya nggak ada hubungannya dengan usia. Toh, masih banyak yang sudah berada di usia kepala tiga, empat, atau bahkan lima, tapi masih belum bisa mengatur keuangannya sendiri.

Untuk mengetahui apakah kamu termasuk golongan yang sudah matang secara finansial atau belum, coba deh jawab 4 pertanyaan di bawah ini!

Apa Kamu Sudah Bisa Membedakan Antara Kebutuhan Dan Keinginan?

Kelihatannya remeh, ya? Tapi, banyak orang dewasa yang masih belum bisa membedakan keinginan dan kebutuhan, loh! Simpelnya, kebutuhan adalah sesuatu yang harus kamu penuhi agar bisa hidup dengan baik, misalnya makanan, tempat tinggal, asuransi kesehatan, dan lain sebagainya.

Sedangkan keinginan adalah suatu hal yang sebenarnya nggak terlalu kamu butuhkan dan kamu masih bisa hidup meski nggak bisa memiliki hal tersebut. Misalnya apa? Tas branded. Meskipun kamu nggak punya tas branded, toh kamu masih bisa hidup ‘kan?

Seberapa Konsisten Kamu Dalam Menabung?

Ini adalah pertanyaan yang sangat penting, namun sering dilewatkan oleh sebagian orang. Yang harus diperhatikan adalah menabung itu bukan soal menyimpan uang sisa dari gaji kamu, namun menyisihkan gaji yang kamu punya sejak awal.

Jangan sampai kamu menabung hanya ketika punya uang saja. Bulan ini menabung, bulan depan nggak, dan begitu seterusnya. Kesalahan-kesalahan dalam menabung ini yang membuat kamu nggak bisa dikategorikan sebagai orang yang matang secara finansial.

Menabung juga bukan hanya asal menabung saja. Kamu juga harus membuat pos-pos dari setiap tabungan kamu. Misalnya ada pos dana darurat, ada pos untuk investasi, ada pos sedekah, dan lain sebagainya.

Apakah Kamu Sering Berhutang Bahkan Untuk Hal-hal Kecil?

Sering berhutang, apalagi untuk hal-hal kecil menandakan bahwa ada yang salah dengan pengelolaan keuangan kamu. Entah itu pengeluaran kamu yang terlalu besar, atau mungkin pemasukan kamu yang kurang. Atau malah bisa jadi kedua-duanya. Berhutang sebenarnya nggak salah, tapi kalau kamu sering melakukannya hanya untuk menutupi keinginanmu yang berlebihan, itu baru salah!

Apakah Kamu Sudah Mulai Belajar Berinvestasi?

Investasi. Satu kata yang mungkin terdengar berat di telinga begitu banyak orang. Padahal investasi adalah kunci utama untuk mencapai kehidupan yang sejahtera. Investasi sendiri bentuknya bermacam-macam. Ada yang berupa properti, emas, saham, dan masih banyak lagi.

Kalau kamu sudah mulai belajar berinvestasi, berarti you’re on the right track untuk menjadi matang secara finansial. Tapi kalau belum, ada baiknya kamu mulai mempelajarinya sekarang. Uangmu jika dibiarkan bisa tergerus inflasi, menjadikannya investasi adalah salah satu cara paling cerdas yang bisa kamu lakukan, neupeeps!

Nah, dari 4 pertanyaan di atas, apa kamu sudah bisa menilai dirimu sendiri? Apakah kamu termasuk golongan yang sudah matang secara finansial atau belum? Kalau memang belum, don’t be sad! Kamu bisa mulai meperbaikinya dari sekarang, neupeeps! Mulai dengan tahap yang paling mudah, yaitu catat keuangan dan mulai budgeting dengan neu! It’s as easy as that.


Tentang Aplikasi Transfer Gratis dan Budgeting Neu

Aplikasi Keuangan neu

neu adalah aplikasi keuangan yang membantu kamu mengelola keuangan kamu mulai dari transfer gratis, bayar tagihan, beli emas, pendanaan P2P dan lacak semua pengeluaran dan pemasukan kamu. 

Transfer Gratis Antar Bank

Kamu bisa transfer gratis ke semua bank di Indonesia tanpa biaya admin hingga 25 Juta per hari. Bisa buat kirim ke rekening kamu yang lain untuk menyimpan dana darurat kamu di bank lain, transfer gratis ke keluarga dengan beda bank, bayar online shop yang hanya terima bank tertentu dan lain-lain. Hanya bisa di neuTransfer!

Lacak Pengeluaran Uang

Kamu juga bisa mengatur keuangan kamu dengan neuBudget. neuBudget membantu kamu mencatat pengeluaran e-wallet dan bank kamu. Sehingga kamu tahu persis uangnya keluar kemana saja dan bisa membantu kamu membagi prioritas keuangan kamu.

Nabung Emas

Kamu bisa beli, jual dan memberikan hadiah emas ke teman kamu. Nabung emas di neuGold bisa menjadi solusi untuk memulai investasi untuk masa depan. neuGold berkerja sama dengan IndoGold sebagai penyedia layanan jual beli emas.

Pendanaan P2P Lending

Kamu bisa mulai pendanaan dengan mendapatkan imbal hasil menarik hanya dengan Rp 25.000 di neuGrow. neuGrow bekerja sama dengan Modal Rakyat, platform p2p yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Kode Referal

Kamu bisa mendapatkan saldo sebesar Rp20.000,00 jika membagikan kode referal yang dimiliki ke user lain. User tersebut juga akan menerima saldo jika Verifikasi Datanya berhasil. Saldo akan diterima dalam bentuk neuPoints.

Yuk download neu sekarang di App Store dan Play Store di sini.

Follow our Instagram @helloneu.id here.

  • Share

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *